Connect with us

Ekonomi

Akui Transportasi Tumbuh, Ini Isi  Pidato Menhub yang Dibacakan Matt Marasabessy

Published

on

AMBON, DM. COM,-Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), menggelar upacara hari Perhubungan Nasional Tahun 2022 di halaman Kantor Bupati Malteng, Selasa (20/9/2022).

Sambutan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, yang dibacakan Penjabat Bupati Malteng, DR Muhamat Marasabessy, ST, SP, M.Tech mengatakan, ditengah masa  pemulihan pandemic, harus menghadapi perekonomian dunia yang belum sepenuhnya bangkit.

“Banyak negara mengalami krisis ekonomi, dengan tingginya Inflasi yang melambung tinggi. Namun, kita patut bersyukur, Indonesia termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global itu,”terang Menhub.

Disektor transportasi, ingat Menhub, kebangkitan mulai terlihat. Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukan sektor transportasi telah tumbuh 21, 27 persen di kuartal kedua Tahun 2022 dan memberikan sumbangan positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional yang mencapai 5,44 persen.

“Pencapaian ini harus kita syukuri. Ditengah tantangan di sektor transportasi masih memberi kontribusi yang berarti bagi Indonesia. Untuk itu, ijinkan saya menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh insan transportasi dimanapun berada,”terangnya.

Insan transportasi, terang dia, bertugas di Kota, Desa, didaerah perbatasan, dan dipulau-pulau terpencil. “Mereka telah mengabdi demi menjaga konektivitas diseluruh penjuru negeri. Saya juga ingin mengajak kita semua untuk mengenang jasa-jasa para pendahulu yang telah gugur dalam tugas memajukan transportasi Indonesia. Kita kenang mereka semua sebagai pahlawan transportasi,”tuturnya.

Diakui, ditengah pencapaian yang baik ini, Menhub mengatakan, masih banyak yang harus dibenahi. Pasalnya, ada banyak yang harus ditingkatkan untuk konektivitas diseluruh Indonesia.
“Masih banyak pekerjaan rumah untuk meningkatkan keselamatan transportasi. Perlu agresif lagi untuk menciptakan integrasi antar moda di seluruh Indonesia dan juga tantangan-tantangan lainya,”sebutnya.

Tantangan ini, jelas dia, tidak bisa dihadapi sendiri. Butuh kolaborasi, sinergi antara pemangku kepentingan disektor transportasi.”Oleh karena itu, di hari Perhubungan tahun  ini mengangkat tema “Bangkit Maju Bersama.” Kita akan cepat bangkit jika kita tidak bersama tidak bersatu. Ibarat kata pepatah : Sebatang Lidi dengan mudah dipatahkan, tapi segenggam lidi tidak muda diluncurkan, “harapnya.

Begitu juga seluruh stakholder harus berkolaborasi, bahu membahu untuk membangkitkan kembali sektor transportasi tentu dengan peran masing-masing. “Semua demi menopang berbagai sektor kehidupan masyarakat yang berdampak yang terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur, sesuai cita-cita kita bersama,”ingatnya.

Semangat kolaborasi dan sinergi, tambah Menhub, menjadi roh pada peringatan hari Perhubungan Nasional Tahun ini. “Semua dilaksanakan bersama-sama setiap stakholder, baik operator, asosiasi dan regulator terlihat secara aktif dalam berbagai program dan acara. Sebagian bahkan menjadi penanggungjawab utama,”paparnya.

Menhub juga memberikan apresiasi kepada semua pihak yang mendukung terlaksananya rangkaian  Hari Perhubungan Nasional Tahun 2022.”Berbagai kegiatan seni, olahraga, kampanye keselamatan transportasi, Bakti sosial, upacara dan lain-lain terselenggara dengan baik berkat kolaborasi kita bersama,”pungkasnya.

Hadir pada kesempatan itu, Kepala Dinas Perhubungan Malteng, TN/ Polri, stakholder Perhubungan, dan Pimpinan OPD Pemkab Malteng.(DM-01)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *