Connect with us

Ragam

Antisipasi Bencana, Ini Perkiraan Cuaca Terkini di Provinsi Maluku

Published

on

SAUMLAKI, DM.COM,-Cuaca ekstrim yang terjadi dan dialami di 11 wilayah kabupaten/kota se-Provinsi Maluku per hari ini, Sabtu 11 Februari 2023. Mengantisipasi berbagai kemungkinan bencana di laut dan darat, Stasiun Meteorologi Saumlaki, Stasiun Meteorologi Maritim Ambon dan Stasiun Meteorologi Pattimura Ambon telah mengeluarkan update peringatan dini mengenai cuaca terkini.

George F. A. Muabuay, Kepala Stasiun Geofisika Saumlaki melalui whatsapp telepon seluler, Sabtu 11 Februari 2023 mengatakan, Provinsi Maluku masih berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada pukul12:06 WIT di Kabupaten Maluku Tenggara yaitu, di Kei Besar, Kei Besar Utara Timur, Kei Kecil Barat dan Kei Besar Utara Barat.

“Hal yang sama juga di Kabupaten Kepulauan Tanimbar terkhusus di kecamatan Selaru. Untuk Kabupaten Kepulauan Aru, kemungkinan di pulau-pulau Aru, Aru Utara Timur Batuley dan Aru Tengah Timur. Sementara di Kabupaten Maluku Barat Daya, potensi cuaca tersebut di pulau-pulau Babar, pulau-pulau Babar Timur, pulau Wetang dan sekitarnya,” terang Muabuay, kepada DINAMIKAMALUKU.COM, Sabtu (11/2/2023).

Dia katakan, cuaca tersebut dapat pula meluas ke Kabupaten Maluku Tengah di wilayah Amahai, Seram Utara, Banda, Tehoru, Saparua, Pulau Haruku, Salahutu, Leihitu, Nusa Laut, Seram Utara Barat, Teluk Elpaputih, Leihitu Barat, Telutih, Seram Utara Timur Seti, Seram Utara Timur Kobi, Saparua Timur.

Juga Kei Kecil, Kei Besar Selatan, Kei Kecil Timur, Kei Besar Selatan Barat, Kei Kecil Timur Selatan di Kabupaten Maluku Tenggara.

Hal yang sama berpotensi terjadi di kecamatan Tanimbar Selatan, Wertamrian, Wermaktian, Tanimbar Utara, Kormomolin dan kecamatan Molu Maru di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Di Kabupaten Buru, berpotensi di Waeapo, Waplau, Batabual, Lolong Guba, Waelata, Teluk Kaiely dan Lilialy. Sementara di Kabupaten Seram Bagian Timur kondisi ini di Bula, Seram Timur, Werinama, Pulau Gorom, Wakate, Tutuk Tolu, Siwalalat, Kilmury, Teor, Gorom Timur, Bula Barat, Kian Darat, Siritaun Wida Timur dan Teluk Waru.

Sementara Kabupaten Seram Bagian Barat khususnya di Taniwel, Huamual Belakang, Huamual, Kepulauan Manipa, Taniwel Timur dan Seram Barat.

Demikian halnya di Kabupaten Kepulauan Aru, berpotensi di Aru Tengah, Aru Tengah Selatan, Aru Selatan Timur. Dan di Kabupaten Maluku Barat Daya, cuaca ini berpotensi di Moa Lakor, Mndona Hiera, Wetar, Pulau Leti, Pulau Lakor, Wetar Utara, Wetar Timur, Kepulauan Romang, Pulau-pulau Terselatan, Kisar Utara.

Untuk Kabupaten Buru Selatan, berpotensi di Namrole dan Leksula.
Kota Ambon khususnya di kecamatan Nusaniwe, Sirimau, Baguala, Teluk Ambon dan kecamatan Leitimur Selatan.

Begitu pula di Kota Tual, terutama di Pulau Dullah Utara, Pulau Dullah Selatan, Tayando Tam, Pulau-pulau Kur, Kur Selatan dan sekitarnya.
Diperkirakan, kondisi cuaca ini masih akan berlangsung hingga pukul 16:30 WIT, terang Muabuay.(DM-04)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *