Connect with us

Parlemen

Besok, 4 Pj Pilihan Gubernur Dilantik, Ini Harapan Ketua DPRD Maluku

Published

on

DINAMIKAMALUKU.COM, AMBON-Sebanyak 4 Penjabat (Pj) Bupati dan Walikota, dilantik Gubernur Maluku, Murad Ismail, Selasa (24/5/2022). Mereka diusulkan untuk dilantik setelah sejumlah Bupati dan Walikota, masa jabatan berakhir 22 Mei 2022 lalu.

Karena itu, Ketua DPRD Provinsi Maluku, Lucky Wattimury berharap, 4 Pj Bupati dan Walikota yang akan dilantik, Selasa besok, menjalin kerjasama yang baik dengan Pemerintah Provinsi Maluku, bangun daerah ini kearah yang lebih baik.

“Mereka adalah pilihan Mendagri berdasarkan usulan Gubernur Maluku. Kami yakin dengan ditetapkan, maka mereka akan membantu pemerintah provinsi dalam melaksanakan tugas sesuai dengan kewenangannya,”kata Wattimury kepada awak media, Senin (23/05/2022).

Dikatakan, penetapan 4 Pj Bupati dan Walikota tidak terlepas dari dukungan kuat Gubernur Maluku, lewat komunikasi intensif dengan pemerintah pusat (Pempus) melalui Kementerian Dalam Negeri.
“Kami berterima kasih dan bersyukur nama-nama yang ditetapkan Mendagri telah sesuai dengan usulan yang disampaikan Gubernur. Ini merupakan satu komunikasi yang sangat penting antara Gubernur selaku wakil Pempus di daerah dengan Pempus melalui Kemendagri,”ingatnya

Untul itu, Bendahara DPD PDI Perjuangan ini berharap, 4 Pj Bupati dab Walikota dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, dan terus membangun komunikasi yang baik dengan Pemerintah Provinsi untuk membangun Maluku yang lebih maju.
“Selaku ketua dan seluruh anggota DPRD Provinsi Maluku, kami berterima kasih kepada Gubernur, yang telah melaksanakan agenda pemerintahan dengan baik. Kepada empat penjabat, kami berdoa agar mereka selalu dikuatkan oleh Tuhan yang maha esa untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya,”harap kandidat Walikota Ambon itu.

Sekedar tahu, 4 Pj Bupati dan Walikota, yang ditunjuk Mendagri, yakni Kepala Badan Pendapatan Daerah Maluku, Djalaludin Salampesssy, ditunjuk sebagai Penjabat Bupati Buru, sesuai SK Mengadri Nomor : 131. 18-1212 Tahun 2022 Tentang Pengangkatan Penjabat Bupati Buru tertanggal 13 Mei 2022.

Kepala Kesbangpol Maluku, Daniel Indey ditunjuk sebagai Penjabat Bupati Kepulauan Tanimbar, sesuai SK Mendagri Nomor : 131.81-1211 Tahun 2022 tentang Pengangkatan Penjabat Bupati KKT tertanggal 13 Mei 2022

Kepala BINDA Sulawesi Tengah, Andi Chandra As’adudin, ditunjuk Penjabat Bupati SBB, sesuai SK Mendagri Nomor 131. 81-1164 Tahun 2022 Tentang Pengangkatan Penjabat Bupati SBB tertanggal 12 Mei 2022.

Sementara, Sekretaris DPRD Provinsi Maluku, Bodewin Wattimena, ditunjuk Penjabat Walikota Ambon, berdasarkan SK Mendagri Nomor : 131.81-1165 Tahun 2022 Tentang Pengangkatan Penjabat Walikota Ambon, tertanggal 13 Mei 2022.

Sedangkan, tiga Bupati dan satu Walikota bersama wakil mereka yang masa tugas segera berakhir 22 Mei 2022 mendatang, yakni, Bupati dan Wakil Bupati Buru, Ramli Umasugy-Amus Besan, Bupati Seram Bagian Barat (SBB), Thimotius Akerina, Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan  Tanimbar (KKT), Petrus Fatlolon-Agustinus Utuwaly dan Walikota dan Wakil Walikota Ambon, Richard Louhenapessy-Syarif Hadler.

Di Buru,  Ramli sudah dua periode memimpin di bumi Bupolo. Di SBB, Bupati  Thimotius Akerina, baru memimpin di bumi Saka Mese Nusa, setelah Moh Yasin Payapo, Bupati SBB sebelumnya meninggal dunia medio Agustus 2021 lalu. 

Sedangkan di KKT, Fatlolon-Utuwaly baru satu periode memimpin daerah yang bertajuk Duan Lolat. Sementara di Kota Ambon, Louhenapessy sudah dua periode memimpin di kota yang bertajuk Manise ini.(DM-01)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *