Connect with us

Ragam

Cuaca Buruk, Wings Air dari Buru Tujuan Ambon, Mendarat di Sorong-Papua

Published

on

DINAMIKAMALUKU.COM, AMBON-Curah hujan tinggi disertai angin, mengakibatkan penerbangan Wigs Air dari Bandara Namniwel, Kabupaten Buru dengan nomor penerbangan IW 1533, tujuan Bandara Internasional Pattimura, Kota Ambon, akhirnya memilih mendarat di Bandara Domine Eduard Osok Kota Sorong, Papua Barat, Minggu (29/6/2022).

Hal ini diunggah salah satu penumpang maskapai penerbangan suasta, Aziz Hentihu, ketika tiba di Bandara Domine Eduard Osok. Anggota DPRD Provinsi Maluku itu mengaku, bersama seluruh penumpang saat ini masih menunggu cuaca membaik untuk kembali terbang  ke Bandara Internaisonal Pattimura, Kota Ambon.”Jadi memang kita berputar sekitar 5 sampai 6 kali di atas Bandara Pattimura, Kota Ambon. Tapi karena cuaca buruk Pilot memutuskan kami mendarat di Bandara Sorong. Jadi kita sementara menunggu cuaca membaik baru kita terbang Balik ke Bandara Pattimura Ambon,”kata Hentihu, ketika dihubungi
DINAMIKAMALUKU.COM, Minggu (29/6/2022).

Ketua DPW PPP Provinsi Maluku dari daerah pemilihan Buru dan Bursel ini berharap, pesawat yang sering memilih mendarat di Bandara Sultan Hasanudin Makasar dan Sorong, akibat cuaca buruk di Bandara Pattimura Ambon, mesti kedepan dicari solusi membangun Bandara penyangga, agar ketika cuaca  buruk pesawat langsung mendarat.”Kalau tidak pilot  pesawat sering memilih mendarat di Bandara terdekat seperti di Makasar dan Sorong,”ingatnya.

Lantas, dimana Bandara penyangga di bangun, anggota Komisi II DPRD Provinsi Maluku ini mencontohkan Bandara Namniwel Buru.”Mestinya panjang landasan Bandara di Namniwel diperpanjang. Kemudian fasilitas pengisian bahan  bakar Pesawat juga dibangun disana. Nah, kalau landasan diperpanjang dan ada Bahan Bakar Minyak, kalau cuaca buruk tidak pesawat tidak bisa mendarat di Bandara Pattimura, langsung ke Bandara Namniwel Namlea,”harapnya.

Apalagi, ingat dia, penerbangan dari Bandara Buru ke Kota Ambon hanya 28 menit. “Nah, kalau cuaca Buruk di Bandara Pattimura, pesawat jenis boing maupun ATR bisa mendarat di Bandara Namlea. Jika dua kali bolak balik dari Bandara Pattimura ke Bandara Namniwel Namlea Buru, masih ada ketersediaan Bahan Bakar Minyak Pesawat. Makanya saat ini tidak ada Bandara penyangga pilot pesawat memilih mendarat di Sorong,”pungkasnya.(DM-02)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *