Connect with us

Hukum

Dandim 1507 Saumlaki Sukses Amankan Kunker Presiden

Published

on

Saumlaki, DM.Com,- Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 1507 Saumlaki, Letkol Inf. Didik Teguh Waluyo, SIP sukses melaksanakan tugas pengamanan pada saat Kunjungan Kerja (Kunker) Presiden RI, Ir?Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang berlangsung di lokasi pasar Ngirimase Olilit, (Jumat, 2/9/2022) sekitar pukul 08.00 hingga 09.30 WIT.

Saat diberi kepercayaan sebagai Komandan Sub (DanSub) Satuan Tugas (Satgas) dibawah arahan Komandan Satgas Danrem 151 Binaiya, Brigjen TNI Maulana Ridwan.

Dari pantauan kontributor media ini, meski ribuan masyarakat Tanimbar yang memadati seluruh ruas jalan menuju pasar Olilit untuk melihat secara langsung orang pertama di Indonesia, namun karena berhasil membangun sinergitas dan soliditas antara TNI-Polri dalam rangka pengamanan tamu VVIP kegiatan Presiden RI dan Ibu Negara berlangsung dengan aman juga atas dukungan kesadaran masyarakat berjuluk Bumi Duan Lolat untuk turut mengamankan kegiatan Kunker tersebut.

Atas kerja sama yang sangat intim, pengamanan kegiatan Kunker Presiden RI di Kabupaten Kepulauan Tanimbar Bumi berjalan aman, lancar dan kondusif. Ini merupakan bukti bahwa TNI-POLRI memang merupakan dua unsur yang tidak bisa dipecahkan bahkan di adu domba sekalipun.

Kepada media ini, Dandim 1507 Saumlaki mengatakan, “Tanimbar menjadi tempat dan wilayah paling beruntung di Maluku. Suatu kehormatan dan berkat tersendiri bagi masyarakat di daerah berjuluk Bumi Duan Lolat, sebab wilayah ujung Timur NKRI yang berbatasan dengan Negara Australia dan Timor Leste ini bisa didatangi oleh Presiden RI dan Ibu Negara, setelah sebelumnya dikunjungi Presiden Pertama Indonesia, Ir. Soekarno di tahun 1958 lalu,” tandas Dandim yang sangat merakyat ini.

Kedatangan Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi di Tanimbar dalam agenda Kunker dengan melakukan sejumlah agenda. Diantaranya, meninjau lokasi pasar tradisional di Saumlaki, pusat ibu kota KKT, membagi-bagikan sembako, penyerahan Bantuan Langsung Tunai (BLT) BBM, mengunjungi Lapangan Mandriak sebagai tempat penyelenggaraan MTQ ke 29 Provinsi Maluku, SPAM di desa Ilngei kecamatan Tanimbar Selatan dan lain-lain.

Dandim 1507 Saumlaki atas bantuan backup dari Kepolisian, Satpol PP dan Satuan TNI lainnya, mengerahkan seluruh anggota untuk melaksanakan Pengamanan di sepanjang jalur yang di lalui oleh Presiden dan Rombongan. Dimulai dari apel kesiapan pengamanan hingga apel gabungan yang sudah dilaksanakan jelang kedatangan rombongan.

Kunker Presiden RI yang didampingi sejumlah pejabat tinggi negara dan pejabat tingkat Provinsi Maluku, selain kegiatan Kunker dan penyerahan sertifikat, Presiden RI juga sempat membagikan bingkisan, sembako dan kaos warna hitam kepada warga yang berada di sepanjang jalan yang dilalui oleh Bapak Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi.

Presiden RI disambut oleh ribuan masyarakat, siswa-siswi dari seluruh sekolah yang ada di Saumlaki dengan rasa cinta dan penghormatan kepada Bapak Negara. Sepanjang jalan di Bumi Duan Lolat dipenuhi oleh siswa siswi dan juga warga masyarakat yang ingin melihat langsung lebih dekat Bapak Presiden gemar melakukan blusukan. Meskipun aparat keamanan bekerja lebih keras untuk pengamanan. Namun upaya dan kerja keras tersebut tidak sia-sia. Semua kegiatan dan agenda Kunker Presiden RI di Tanimbar, akhirnya berjalan sukses dan aman,” tegas Dandim 1507 Saumlaki.(DM-04)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *