Connect with us

Ragam

Demny : Tidak Benar Warga Damer Mengungsi

Published

on

DINAMIKAMALUKU.COM, AMBON-Sejak gempa bumi 5,6 SR ⅚mengguncang Pulau Damer, Kabupaten Maluku Barat Daya, Minggu (12/12/2021) hingga gempa susulan beberapa hari belakangan ini, warga setempat tidak mengungsi. Bahkan, mereka hanya tidur di luar rumah dan lapangan di sekitar pemukiman.

“Beta harap kepada semua pihak agar tidak memberikan informasi yang semakin membuat masyarakat Damer panik dan takut,”kata salah satu warga Damer, Demny Patty, melalui statusnya di media facebook, Sabtu (18/11/2021)

Mantan Ketua KPU MBD ini mengaku, sebagai orang Damer yang ada di Damer dan merasakan gempa ini perlu pertanyakan mana informasi resmi Pemerintah dan PVMBG untuk masyarakat menjauhi gunung Buarlali ?.” Sampai saat ini tidak ada info resmi. Tolong Ilih Demny selaku kepala BMKG Langgur konfirmasi informasi ini,”harapnya.

Dia juga membantah kalau sekitar 1000 warga Damer telah mengungsi karena takut letusan gunung berapi.”
Dan informasi dari mana kalau 1000 masyarakat sudah mengungsi ke tempat yang aman dari letusan gunung berapi ? Masyarakat desa mana ? Dan mengungsi ke lokasi aman yang mana ?,”tanya dia.

Dia juga berharap, jika benar gunung Buarlali, akan meletus, penanganan seperti apa.” Kalau benar gunung Bualali mau meletus tolong kasi informasi resmi dan tindaklanjut penanganan bencana,”ingatnya.

Namun, dia menepis kalau masyarakat setempat mengungsi. “
Perlu diketahui bahwa masyarakat bukan mengungsi keluar dari desa karena informasi letusan gunung. Tapi masyarakat tidur di jalan raya atau lapangan dalam desa karena takut getaran gempa yang menghancurkan bangunan. Mohon
BPBD MBD agar mengecek dan memberikan informasi yang valid kepada publik agar tidak semakin meresahkan masyarakat Damer,”pungkasnya.(DM-01)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *