Connect with us

Hukum

Dihadapan Siswa Bintara Polri, Wakapolda Maluku : Kalian Harus Jadi Anggota Polisi yang Baik

Published

on

AMBON, DM.COM,-Wakil Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Brigjen Pol Stephen M. Napiun Sik.,SH.,M.Hum, sambangi Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Maluku di bilangan Passo, Kota Ambon, Selasa (17/1/2023). Dia berharap, para siswa Bintara Polri yang mengikuti pendidikan kedepan menjadi anggota Polisi yang baik.

Ini setelah, Brigjen Napiun menyapa 169 siswa yang sedang mengikuti pendidikan dan pembentukan Bintara Polri gelombang II Tahun 2022. Ia sekaligus memberikan arahan pembinaan dan pembekalan.

Kedatangan Wakapolda di SPN tidak sendiri. Ia didampingi Karo Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Maluku, Kombes Pol Denny Y. Putro S.Ik.

Dalam arahannya, Wakapolda meminta sebanyak 169 Bintara Remaja Polda Maluku yang sedang mengikuti pendidikan maupun pembentukan Polri agar tetap berusaha dan semangat dalam menggapai cita-cita.

“Kalian yang hadir saat ini agar tetap semangat untuk menggapai cita-cita dan masa depan kalian walau kalian ada yang sudah tidak memiliki ibu dan bapak, tapi saya yakin kalian memiliki semangat untuk dapat mencapai cita-cita kalian nanti,” pintanya.

Wakapolda berpesan kepada para siswa agar selama hayat masih di kandung badang, siapapun dia, berapa usianya, harus tetap semangat menghadapi hidup, serta terus belajar, hingga sukses menggapai cita-cita.

“Bapak yakin kalian semua yang ada di hadapan Bapak ini tidak kalah kualitasnya dengan anggota Polisi yang ada di tempat lain,” ungkapnya.

Brigjen Napiun mengatakan, kehadirannya di hadapan para siswa hanya untuk mentransfer ilmu yang didapat selama bertugas. Dengan harapan para Bintara Polri ini dapat membangun dan memajukan provinsi Maluku tercinta.

Selain itu, Wakapolda juga berharap ilmu yang didapat selama menempuh pendidikan di SPN Polda Maluku dapat digunakan untuk melayani masyarakat Maluku dengan kasih sayang. Karena, Maluku adalah tanah tumpah darah kalian semua.

“Anak-anaku sekalian pedomani dan hayati Tribrata dan Catur Prasetya karena kalian adalah penerus Polri di masa depan, kalian semua harus menjadi Polisi yang baik karena kalian semua adalah harapan bangsa,” katanya.

Para siswa Bintara Polri juga diminta untuk terus menjunjung tinggi keberagaman dimanapun bertugas. Laksanakan tugas dengan baik agar dicintai masyarakat.

Wakapolda menyampaikan, semua anggota Polri mulai dari pangkat terendah sampai dengan tertinggi, sesuai amanat undang-undang diberi kewenangan yang sama.

“Kita personel Polri beda dengan yang lain, kita anggota Polri mulai dari yang bintang 4 sampai Tamtama tanda pangkatnya berada di pundak dan kerak sehingga filosofinya setiap anggota Polri dalam pelaksanaan tugas di lapangan memiliki kewenangan diskresi yang sama,” jelasnya.

Sebelum menutup pengarahan, Orang nomor 2 di Polda Maluku itu meminta seluruh Bintara remaja untuk dapat meningkatkan disiplin diri. Hindari penyalahgunaan narkoba dan perilaku suka mengkonsumsi minuman keras.

“Bapak juga minta kepada kalian semua agar jangan jadi beking judi, beking bandar miras, maupun beking bandar narkoba. Tingkatkan kekompakan TNI Polri dengan saling menghargai, hindari tindakan menyimpang seperti KKN, pungutan liar dan calo saat kalian bertugas di lapangan. Lakukan kegiatan yang mendatangkan simpati dari masyarakat,” harapnya.(DM-01)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *