Connect with us

Politik

Dikembalikan untuk Diperbaiki, Watubun : tidak Benar LKPJ Gubernur Ditolak

Published

on

DINAMIKAMALUKU.COM, AMBON-Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur Maluku Tahun Anggaran 2020, akhirnya dikembalikan untuk diperbaiki oleh Pemerintah Provinsi Maluku.

Atas dasar itu, Ketua panitia khusus (pansus) LKPJ DPRD Provinsi Maluku, Benhur Watubun membantah, LKPJ Gubernur ditolak pansus yang dipimpinya.”Tidak benar LKPJ Gubernur ditolak. Yang benar itu LKPJ di kembalikan untuk diperbaiki,”tegas Watubun, kepada awak media, Rabu (5/5).

Dia pun menjelaskan, Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 13 dan 18 tahun 2020, tidak satupun pasal atau klausul yang memberikan ruang kepada DPRD Provinsi Maluku, menolak LKPJ Gubernur.”Jadi tidak ditemukan satupun pasal menyebut menerima dan menolak LKPJ Gubernur, apakah itu LKPJ diawal kepemimpinan maupun akhir masa jabatan. Jadi tidak ada pasal yang memberikan ruang kepada dewan menolak LKPJ,”paparnya.

Hanya saja, dia mengaku, ada isi yang disajikan Pemda masih kurang, sehingga butuh perbaikan.”Jadi kita minta setelah Idul Fitri baru dimasukan hasil perbaikan LKPJ-nya,”terangnya.

Setelah itu, lanjut Ketua Fraksi PDIP itu, DPRD lewat pansus dibuat Daftar Isian Masalah atau DIM.”Nah, setelah itu baru dijawab Sekda kemudian lahirlah rekomendasi kepada Gubernur dan jajaran untuk ditindaklanjuti. Jadi jangan diplinitir berita seolah-olah pansus tolak LKPJ Gubernur,”ingatnya.

Ditempat yang sama, Sekretaris DPRD Provinsi Maluku, Bodewin Wattimena, ikut menguatkaan pernyataan Watubun.”Tidak benar ada penolakan LKPJ. Itu hanya saran agar ada perbaikan dalam penyelengaraan pemerintahan,”tegasnya.(DM-01)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *