Connect with us

Hukum

Gelar MBM, Gubernur & Pangdam dapat Penghargaan dari Polda Maluku

Published

on

DINAMIKAMALUKU.COM, AMBON-Kepolisian Daerah Maluku, menggelar “Malam Basudara Manise” (MBM). Kegiatan ini  merupakan puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara yang ke-76.

Kegiatan yang digelar di Auditorium Universitas Pattimura (Unpatti), Kota Ambon, Kamis (7/7/2022) malam, ini dimeriahkan musik orkestra dari IAKN Ambon dan sejumlah artis lokal Maluku.

Selain musik orkestra dan para artis lokal, Polda Maluku juga menampilkan video perpaduan tarian dari Maluku dan Papua. Tarian itu diberi nama “Tarian Basudara Manise”. Tarian ini akan ditayangkan pada kegiatan G20 di Bali. Ini sesuai perintah Presiden RI terkait profil masing-masing daerah.

Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, SH.,M.Hum, membuka Malam Basudara Manise tersebut. Hadir Gubernur Maluku Irjen Pol (Purn) Drs. Murad Ismail, dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Maluku atau yang mewakili, serta seluruh pejabat utama Polda Maluku.

Sebelum memberikan sambutan, Kapolda Maluku membawakan sebuah lagu yang diiringi musik orkestra dari Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon. Lagu lawas yang dibawakan berjudul “Beta Berlayar Jauh”.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka hari Bhayangkara ke-76 yang mengusung tema “Polri yang presisi mendukung pemulihan ekonomi dan reformasi struktural untuk mewujudkan Indonesia tangguh Indonesia tumbuh,” kata Kapolda Maluku dalam sambutannya.

Kapolda mengaku, kegiatan “Malam Basudara Manise” ini merupakan puncak dari seluruh rangkaian hari Bhayangkara yang dihelat Polda Maluku.

Berbagai kegiatan dalam menyongsong hari lahir Polri yang ke-76 ini, kata Kapolda, sudah dilaksanakan. Beragam kegiatan dilakukan mulai dari bakti sosial, bakti religi, bakti kesehatan, maupun olahraga bersama.

“Kami juga melaksanakan kegiatan untuk mengangkat UMKM dengan melakukan kegiatan pemecahan rekor MURI untuk minum jus pala terbanyak di Indonesia sebanyak 16.076, dan banyak kegiatan lainnya seperti olahraga bersama dengan rekan-rekan TNI dan instansi terkait lainnya,” jelasnya.

Menurut Kapolda, kegiatan malam ini didedikasikan kepada masyarakat Maluku. Sehingga diharapkan Maluku yang aman, damai dan sejahtera.

“Selaku Kapolda saya menyampaikan permohonan maaf apabila sampai saat ini Polda Maluku jauh dari sempurna, tapi kami terus berupaya untuk melaksanakan yang terbaik dalam pelayanan, perlindungan kepada masyarakat, khususnya bagi masyarakat Maluku,” katanya.

Kapolda juga menyampaikan terima kasih kepada rekan-rekan TNI, Pemerintah Daerah (Pemda), DPRD, tokoh agama, tokoh masyarakat atas kerjasama, sinergitas dan soliditasnya selama ini.

Ia mengaku, kerjasama yang berjalan baik selama ini telah mendukung kebijakan baik itu pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota.

“Kami minta doa restu dalam pelayanan kami selaku pelindung, pengayoman masyarakat, bisa melaksanakan tugas sebaik-baiknya,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Gubernur Maluku Murad Ismail, dalam sambutannya mengaku atas nama pribadi dan masyarakat Maluku memberikan apresiasi kepada Kapolda Maluku.

“Dalam hati yang paling dalam saya secara pribadi dan keluarga juga mewakili pemerintah daerah dan masyarakat Maluku mengucapkan selamat hari Bhayangkara yang ke-76,” ucap Murad.

Murad berharap Polri terus melakukan transformasi menuju Polri yang Prediktif, Responsibilitas, Transparansi dan berkeadilan atau Presisi.

“Bangga lah kita menjadi bagian dari korps Bhayangkara, bangga lah kita membangun Polri yang makin maju dan presisi,” katanya.

Ia juga berharap dengan momentum ini, Polri akan semakin memantapkan semangat juang serta tetap konsisten dalam menjamin keamanan serta bisa mendukung program pembangunan di negeri para Raja-raja.

“Kami juga berterima kasih kepada jajaran Polri di lingkungan Maluku yang selama ini telah membantu tugas-tugas pemerintah daerah di wilayah Maluku,” ucapnya.

Pada puncak perayaan hari Polri ke-76 ini, Kapolda Maluku memberikan penghargaan atas kerjasama dalam mendukung keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah hukum Polda Maluku. Sebaliknya, Gubernur Maluku juga memberikan penghargaan serupa kepada Kapolda.

Selain Gubernur Maluku, Kapolda juga memberikan penghargaan kepada Pangdam XVI/Pattimura, Danlantamal IX/Ambon, Danguspurla Koarmada III, Kajati Maluku, Ketua Pengadilan Tinggi Ambon, Ketua DPRD Provinsi Maluku, Kepala BNN Provinsi Maluku, Kabinda Maluku, Keluarga Karel Sadsuitubun, Keluarga Matilda Batlayeri, Keluarga Zeth Lekatompessy, dan AKBP (Purn) Apeles Letty, S.H.

Para penerima penghargaan tersebut, dinilai telah berjasa membantu Polri, khususnya Polda Maluku, dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. (DM-01)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *