Connect with us

Politik

Gubernur Dinilai Berhasil Perjuangkan PI Masela dan LIN, Ini Penjelasan Hentihu

Published

on

DINAMIKAMALUKU.COM, AMBON-Kepemimpinan Gubernur Maluku, Murad Ismail dinilai berhasil memperjuangkan dua kepentingan besar Maluku di pusatdalam kiron waktu hampir dua tahun memimpin daerah ini. Diantaranya 10 persen Participating Interest (PI) Blok Masela dan Maluku dijadikan Lumbung Ikan Nasional (LIN).

Saat ini PI dalam pembahasan tahap ke 7 dari 10 tahapan untuk finalisasi, sementara LIN, pemerintah pusat sudah menganggarkan Rp 5 trilyun untuk bangun Pelabuhan Ambon baru atau Ambon New Port dan infrastruktur lainya dengan lahan seluas 900 hektar.

Setidaknya dua kepentingan besar Maluku ini diperjuangkan di masa kepemimpinan Gubernur Maluku, Karel Albert Ralahalu dan Gubernur Maluku, Said Assagaff, namun PI dan LIN tak kunjung di restui pemerintah pusat.”Saya kira dengan adanya persetujuan PI dan LIN bagi
Maluku, kita patut memberikan apresiasi positif bagi kepemimpinan Pak Murad,”kata anggota Komisi II DPRD Maluku, Asis Hentihu, ketika berbincang-bincang dengan DINAMIKAMALUKU, Kamis (1/4).

Meski begitu, Sekretaris DPW PPP Maluku ini mengakui, kepemimpinan Murad, bangun daerah ini selain ada nilai plus juga ada minesnya.”Saya kira semua pemimpin punya gaya mereka masing-masing. Sudah pasti ada kelebihan dan kekurangan,”terangnya.

Namun, dia memastikan kepemimpinan Murad hampir dua tahun, sudah mengangkat “wajah” Maluku ditingkat pusat.”Setidaknya masa kepemimpinan Pak Murad sampai 2023 mendatang PI 10 persen milik Maluku dan Maluku dijadikan LIN. Dan kita berharap kepetingan Maluku yang lain di pusat bisa terwujud hingga akhir pemerintahan Pak Murad,”jelasnya.

Dengann begitu, wakil rakyat asal Buru dan Buru Selatan itu menambahkan, realisasi PI 10 persen Blok Masela dan LIN berdampak positif bagi peningkatan kesejahteraan rakyat dan pengurangan angka pengangguran di Maluku.”Saya kira implikasinya sangat berdampak bagi ekonomi dan penyerapan tenaga kerja,”paparnya.(DM-01)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *