Connect with us

Politik

Hadiri MTQ di Saumlaki, Bupati-Walikota dan DPRD Bakal Deklarasi Provinsi MTR ?

Published

on

DINAMIKAMALUKU.COM, SAUMLAKI-Gerakan untuk memekarkan Maluku Tenggara Raya (MTR) sebagai daerah otonom baru pisah dari Provinsi Maluku, terus dilakukan. Bahkan, momentum Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke XXIX Tingkat Provinsi Maluku, di Saumlaki, ibukota Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), bakal dimanfaatkan para bupati dan ketua DPRD dari MTR.

Lantas, apa yang dilakukan, Ketua DPRD Kota Tual, Hasan Syarifudin Borut menyebut, para bupati dan walikota serta Ketua DPRD MTR, bakal deklarasi Provinsi MTR. “Kita sementara konsolidasi. Kita berencana bertemu di Saumlaki saat menghadiri pembukaan MTQ,” kata Borut, kepada awak media di Hotel Beringin Dua, Saumlaki, Rabu (16/3/2022)

Ketika disinggung pertemuan itu dilakukan deklarasi, dia mengatakan.”Kita berharap pertemuan sekaligus deklarasi bersama. Apalagi Perjuangan Provinsi MTR ini bukan lagi sebuah wacana, tapi sebuah gerakan,”tandas Ketua DPD PKS Kota Tual itu.

Dia mengaku, usai ketua DPRD Kabupaten dan kota yang mengusulkan DOB melakukan pertemuan dengan Komisi I DPRD Provinsi Maluku, bahas DOB, sudah berkumpul menyatukan persepsi.”Gerakan ini saya kira didukung oleh semua tokoh asal MTR,”ingatnya.

Tak hanya disitu, ingat dia, ketika kembali ke Kota Tual, pihaknya melakukan rapat koordinasi dengan mengundang para tokoh masyatakat, tokoh adat dan organisasi kemasyarakatan.” Kami lakukan rakor undang tokoh adat dan organisasi?lainya . Kami akan tindkalanjuti. “Prinsipnya DPRD Kota Tual setuju MTR periode sebelumnya juga setuju tapi belum lakukan rapat paripurna,”tegasnya.

Ditempat yang sama, Wakil Bupati Kepulauan Aru, Muin Sogalrey mengaku, pihaknya sangat mendukung calon DOB termasuk Provinsi MTR.”Buktinya, ketika rapat yang digelar Komisi I DPRD Provinsi Maluku, Ketua DPRD dan Kabag Pemerintahan ikut rapat tersebut.”Ini membuktikan kami sangat mendukung pemekaran di Aru Perbatasan, termasuk Provinsi MTR,”kata politisi PDIP.

Untuk itu, dia berharap, momentum pelaksanaan MTQ di Saumlaki para kepala dan ketua DPRD asal MTR, buat gebrakan bersama.” Kami harapkan saatnya nanti momentum MTQ di Saumlaki kita harap ada satu pemikiran tokoh masyatakat, terutama dari DPR RI. Jadi prinsipnya kami sangat mendukung,”pungkasnya.(DM-01)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *