Connect with us

Politik

Harap Temuan Emas di Tamilouw Dikelola Secara Baik, Hentihu : Jangan Seperti Gunung Botak

Published

on

DINAMIKAMALUKU.COM, AMBON-Temuan emas di Desa Tamilouw, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah, mesti diantisipasi agar pengelolaan secara baik. Dikuatirkan, kasus penambangan emas di Gunung Botak, Kabupaten Buru, terulang di Tamilouw.

Karenanya, anggota Komisi II DPRD Maluku, Asiz Hentihu mengigatkan, pihak terkait mesti memastikan temuan emas di Tamilouw endapanya mengandung emas atau tidak. Sebab ini warga setempat mendulang emas di pantai. ” Kalau mengandung emas sama dengan pendapat ahli geologi. Pendapat peneliti mungkin ada sungai disitu mengandung emas dalam jangka waktu lama, sehingga tidak diketahui hanyut ke laut,”kata Hentihu, kepada wartawan, Senin (29/3).

Dia berharap, fenomena temuan emas di Tamilouw, mesti diantisipasi sedini mungkin. Politisi PPP dari daerah pemilihan Buru dan Bursel ini kuatir, jika tidak diantisipasi pemerintah Kabupaten Malteng dan instansi teknis terkait sama seperti kasus Gunung Botak.”Fenomena Gunung Botak, jadi contoh kasus. Jadi Pemkab Malteng harus ambil langkah yang tepat membentengi dan mengamankan wilayah itu dulu,”harap kandidat kuat Bupati Buru itu.

Dia mencontohkan, kasus Gunung Botak, sangat kompleks dan berdampak disemua aspek.”Kasus Gunung Botak, semua penambang dari seluruh Indonesia masuk. Nilai budaya kita ikut berpengaruh. Belum lagi ancaman Sianida. Ancaman hanitat di laut dan klaim kepemilikan lahan. Jangan sampai terjadi konflik kepentingan kedepan,”papar politisi vokal tersebut.

Mantan anggota DPRD Buru ini mengakui, kewenangan pengelolaan khusus emas menjadi kewenangan pemerintau pusat lewat Kementerian ESDM.”Kita tidak tahu Dinas ESDM Maluku sudah kesana atau belum. Kita nanti pengawasan di Malteng kita langsung lihat lokasi,”sebutnya.

Dia berharap, potensi emas dapat dimanfaatkan secara baik untuk masyatakat Malteng khususnya dan masyarakat Maluku pada umumnya. (DM-01)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *