Connect with us

Kesehatan

Harga PCR Diturunkan, Pemprov Bakal Pantau RS “Nakal”

Published

on

DINAMIKAMALUKU.COM,AMBON- Presiden Joko Widodo, telah menurunkan
harga tes Covid-19 dengan metode Real Time Polymerase Chain Reaction atau (RT-PCR) di seluruh Rumah Sakit (RS) maupun tempat kesehatan lainnya termasuk di Maluku.

Untuk itu, Pemerintah Provinsi Maluku, dalam waktu dekat melakukan pengecekan harga PCR di sejumlah rumah sakit di Maluku. Pengecekan bertujuan untuk memastikan harga yang diterapkan harus sesuai dengan arahan Presiden.

“Kalau keputusan Pak Presiden Jokowi kemarin harga PCR Rp 300 ribu, kalau di Maluku prosesnya dilapangan masih ada harga yang lebih dari itu maka pemerintah daerah akan pantau langsung ke lapangan untuk melihatnya,” ujar Plh Sekda Sadli Ie kepada awak media, Senin (1/11/2021).

Dikatakan jika ditemui masih ada permainan harga dilapangan yang tidak sesuai dengan keputusan Presiden, akan dievaluasi untuk harus disesuaikan karena ini keputusan pusat daerah harus menyesuaikan.

“Terkait dengan harga yang masih melebihi yang ditetapkan Pemerintah pusat harus disesuaikan, jangan melebihi dari itu,” tandasnya.

Terpisah Wakil Ketua Komisi IV DPRD Maluku Ruslan Hurasan juga meminta pihak rumah sakit yang belum menyesuaikan harga PCR sesuai instruksi Presiden, harus segera disesuaikan.

Dia mengaku, informasi yang didapat ada beberapa rumah sakit di Kota Ambon yang sudah menyesuaikan tetapi, untuk rumah sakit lainnya belum diketahui.

Untuk itu diharapkan agar secepatnya dilakukan sebelum ada komplemen dari masyarakat maupun DPRD kepada yang belum menyesuaikan.

“Beberapa yang sudah menyesuaikan seperti Rumah Sakit RST, Siloam 300 ribu, yang lain kami belum tau. Tapi nanti dicek kalau belum diminta untuk disesuaikan karena ini arahan Presiden,” tegas Hurasan.( DM-01)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *