Connect with us

Pendidikan

Ini Harapan Gubernur di Wisuda Sarjana & Magister IAIN Ambon

Published

on

AMBON, DM.COM,- Gubernur Maluku, Murad Ismail, berharap para wisudawan dan wisudawati  harus berani melakukan terobosan dan meningkatkan pengetahuan. Sebab, kedepan banyak tantangan yang dihadapi, sehingga bersama pemerintah Provinsi membangun daerah ini kedepan lebih baik.

Demikian harapan Gubernur ketika  disampaikan Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Maluku, Sadali Ie, menghadiri wisuda sarjana Angkatan XXIV dan Magister angkatan XV periode I Institut Agama Islam Negeri (IIAIN) Ambon Tahun 2022,  di  Kampus IAIN Ambon, Rabu (31/8/2022).

Gubernur dalam sambutannya yang disampakan Pj. Sekda Maluku Sadali Ie menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada rektor dan seluruh civitas akademika IAIN Ambon  yang telah menghantarkan generasi muda ke capaian akademik yang sangat membanggakan ini.

Dikatakan, wisuda merupakan salah satu momentum penting yang mencerminkan keberhasilan penyelenggaraan pendidikan di sebuah perguruan tinggi.  Hal tersebut, hendaknya tidak dijadikan sebagai acara rutin yang bersifat seremonial semata, tetapi lebih dari itu harus menjadi momentum untuk melakukan refleksi terhadap seluruh proses penyelenggaraan pendidikan, sehingga kualitas pendidikan di IAIN Ambon dapat terus ditingkatkan dari waktu ke waktu.

“Apalagi kita sadari bersama bahwa saat ini, kita semua sedang menghadapi berbagai tantangan pembangunan yang tidak mudah. terutama di bidang ekonomi, dimana pandemi yang terjadi beberapa waktu lalu masih berdampak pada pertumbuhan ekonomi, sekaligus penyediaan lapangan kerja di masyarakat.

Terkait hal itu, mantan Dankor Brimkb Polri ini pun menyampaikan beberapa pesan penting kepada para wisudawan/wisudawati serta seluruh civitas akademika IAIN Ambon.

Pertama, ia berharap, semua peserta wisuda menjadikan momentum wisuda ini sebagai cambuk untuk terus belajar dan meningkatkan pengetahuan untuk menjawab tantangan-tantangan perubahan yang ada.  Apalagi perubahan sosial di masyarakat terus terjadi dengan segala dinamikanya. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin modern menciptakan berbagai percepatan dan dinamisasi di semua bidang kehidupan.

“Mereka yang berhenti belajar tentu akan segera tertinggal dan terbelakang. Sangatlah benar ketika manusia Agung Muhammad SAW pernah mengingatkan bahwa “proses belajar itu sejak berada dalam buaian ibunda, hingga masuk ke liang lahad”,” kata Gubernur mengingatkan.

Kedua, Pemerintah Provinsi Maluku,  terus berusaha meningkatkan akselerasi pembangunan di berbagai bidang.

“Saya tentu mengharapkan agar semua wisudawan pada hari  ini dapat mengambil bagian dalam proses pembangunan yang ada sesuai bidang keilmuan dan potensi yang dimiliki. Bagi mahasiswa dari bidang ilmu keguruan, jadilah guru terbaik yang bersedia mengabdi dimana saja.

Bagi wisudawan dari bidang ilmu hukum, jadilah pelopor penegakan hukum dalam masyarakat, bagi wisudawan daru bidang ilmu ekonomi, tumbuhkanlah semangat kewirausahawan untuk mendorong perekonimian masyarakat. Bagi mahasiswa dari bidang ilmu keagamaan jadilah pelopor kehidupan keagamaan yang moderat yang mebawa pesan islam sebagai rahmat bagi semesta alam. Demikian juga bagi mahasiswa dari berbagai bidang ilmu yang lain, jadikanlah diri anda semua sebagai pelopor kemajuan masyarakat sesuai potensi keilmuan yang dimiliki, jangan sebaliknya menjadi beban dalam kehidupan masyarakat,” harap Gubernur,

Dalam sambutannya, Gubernur juga menyampaikan apresiasi dan dukungan kepada rektor dan seluruh civitas akademika IAIN Ambon yang terus bekerja keras untuk mengembangkan lembaga ini, menjadi Universitas Islam Negeri (UIN ).

“Apalagi kami mendapatkan informasi bahwa berbagai prasyarat yang dibutuhkan dalam alih status telah dipenuhi oleh IAIN Ambon, sehingga proses tersebut bisa segera dilakukan dalam waktu dekat. Saya yakin bawah perubahan status IAIN Ambon  menjadi UIN akan membuka akses yang lebih luas bagi seluruh civitas akademika IAIN Ambon untuk melakukan inovasi dan pengembangan akademik, meningkatkan mutu pendidikan, memperkuat  penelitian dan inovasi teknologi, serta berbagai kegiatan pengabdian masyarakat yang relevan dan mampu menjawab kebutuhan masyarakat di provinsi kepulauan ini,” ujarnya.

Tak lupa, Gubernur mengucapkan selamat kepada para orang tua dan keluarga yang berasal dari berbagai pulau dan kampung di Maluku, yang telah bekerja keras untuk mendukung kesuksesan pendidikan anak-anaknya hingga mencapai jenjang pendidikan tinggi.
Semoga keberhasilan anak-anak kita  pada hari ini  menjadi  pembuka  jalan  kesuksesan untuk  meraih tujuan yang saudara cita-citakan di masa depan,”tandas Gubernur. (DM-02)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *