Connect with us

Pendidikan

Ini Kado di HUT Maluku ke-76, Angka Kemiskinan dan Pengangguran Turun

Published

on

DINAMIKAMALUKU.COM, AMBON-Sejumlah capaian dan progres positif telah dicapai ketika Gubernur Maluku, Murad Ismail, memimpin daerah ini dua tahun lebih.

Ini tergambar saat Gubernur menyampaikan sambutan saat rapat paripurna DPRD Provinsi Maluku, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Provinsi Maluku ke-76, Kamis (19/8/2021).”Menghadapi pandemi Covid-19, pemerintah terus meningkatkan jumlah penerima vaksinasi, melalui instalasi kesehatan, rumah sakit, puskesmas dan didukung TNI/Polri dan pemangku kepentingan lainya,”Kata Gubernur.

Mantan Kakor Brimob Polri ini mengaku, 5 Agustus 2021 lalu, Badan Pusat Statistik (BPS), telah menerbitkan data ekonomi makro secara nasional.”Dimana, pertumbuhan ekonomi Maluku di kuartal ke 2 tahun 2021, sebesar 4, 53 persen. Capaian ini menunjukan peningkatan, bila dibandingkan tahun 2020, tumbuh negatif 0, 92 persen,”jelasnya.

Begitu juga dengan inflasi Maluku, medio Juli 2021, tercatat 1,31 persen. “Capaian ini lebih rendah dari target sebesar 3 persen,”terangnya.

Sementara tingkat kemiskinan, medio Maret 2021, tercatat sebesar 17, 87 persen atau turun 0,12 persen dibandingkan medio September 2020. Sedangkan tingkat pengangguran pada medio Februari 2021, mencapai 6,67 persen. “Atau turun 0,9 persen, bila dibandingkan Agustus 2020, sebesar 7, 57 persen,”paparnya.

Untuk Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Provinsi Maluku, tahun 2020, papar dia, 69,49 persen. “Ada peningkatan 0,6 persen, bila dibandingkan dengan 2019,”sebutnya.

Untuk itu, capaian ekonomi makro itu diikuti dengan Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas laporan pertangungjawaban APBD 2019 dan 2020.”Keberhasilan ini perlu dipertahankan dan ditingkatkan dengan mendorong Aparatur Sipil Negara (ASN) terus berinovasi dalam mengatasi berbagai permasalahan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan publik didaerah,”harapnya.

Tak hanya disitu, sejumlah proyek strategis nasional yang bakal dibangun di Maluku, seperti Lumbung Ikan Nasional (LIN), Ambon New Port, dan Blok Masela.”Ini adalah peluang bagi Maluku kedepan,”ingatnya.

Kendati begitu, dia menegaskan, tantangan bagi anak Maluku, kedepan untik mampu berkompetensi menjadi tuan di negeri sendiri mendukung program strategis nasional.”Jangan sampai menjadi penonton,”ingatnya.

Dia juga berharap, dukungan dari DPRD Provinsi Maluku. “Ini agar kita sama-sama mendukung program strategis nasional tersebut,”harap Gubernur.(DM-01)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *