Connect with us

Politik

Ini Tiga Agenda Rapat Banmus, Salah Satunya Bahas Ranperda Disiplin Prokes

Published

on

DINAMIKAMALUKU.COM, AMBON-Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Provinsi Maluku, menggelar rapat, Rabu (7/7/2021). Ada tiga agenda yang dibahas, yakni evaluasi hasil pengawasan komisi-komisi, pembahasan rancangan peraturan daerah (Ranperda) disiplin protokol kesehatan (Prokes), dan rencana Memorandum of Understanding (MoU) dengan Badan Standarisasi Nasional (BSN).

Ketua DPRD Provinsi Maluku, Lucky Wattimury, kepada wartawan, usai memimpin rapat Banmus mengatakan, untuk Ranperda Disiplin protokol kesehatan, disepakati diserahkan kepada badan peraturan daerah (Bapenperda). Nah Bapenperda bersama pihak terkait membahasnya kemudian ditetapkan sebagai Peraturan daerah (Perda),” kata Wattimury, Rabu (7/7/2021).

Dia mengaku, Ranperda disiplin prokes penting dibahas sesuai regulasi. Ini dilakukan pertimbangkan penyebaran covid-19 yang meluas. Jadi mesti ada regulasi pengaturan aktivitas masyarakat,”paparnya.

Apalagi, ingat dia, Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro dan keterlibatan TNI-polri, mesti dibarengi dengan sanksi yang tegas.”Jadi Perda, penting dibahas untuk diterapkan sebagai Perda. Kami berharap Perda dapat diselesaikan dalam waktu dekat,”harapnya.

Untuk MoU pemerintah provinsi dengan Badan Standarisasi Nasional, lanjut dia, dipercayakan kepada Komisi I DPRD Maluku, untuk dikaji.”Mudah-mudahan dalam waktu dekat komisi I undang Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bicarakan Ranperda dan MoU,”jelasnya.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya membahas hasil pengawasan komisi-komisi di DPRD Maluku.” Hasil Pengawasan Komisi dievaluasi teman komisi di internal. Kemudian komisi lapor pimpinan dewan. Kita undang pimpinan komisi apa yang direkomendasikan ke Pemda sesuai temuan dilapangan,”jelasnya.

Hasil percakapan dengan pimpinan komisi, lanjut dia, ada berbagai masalah yang ditemukan.” Bisa dilihat sebagai kekurangan diperbaiki diwaktu yang akan datang,”pungkasnya.(DM-01)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *