Connect with us

Parlemen

Jelang Idul Adha, Sairdekut : Awasi PMK Pada Hewan Kurban

Published

on

DINAMIKAMALUKU.COM, AMBON-Penyakit mulut dan kuku  atau PMK pada hewan ternak kerap dijumpai akhir medio Mei 2022. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang bersifat merusak jaringan sel hewan yang terserang.

Kerugian dari dampak penyakit hewan  ini bukan hanya dirasakan oleh peternak, namun juga dapat dirasakan oleh masyarakat luas. Wabah ini menyebabkan penyakit viral yang sangat menular dan menyerang semua hewan berkuku belah/genap seperti sapi, kerbau, domba, kambing, rusa, unta, dan termasuk hewan liar seperti gajah, antelope, bison, menjangan, dan jerapah.

Atas dasar itu, Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku, Melkianus Sairdekut mengigatkan semua pihak agar mengantisipasi penyakit mulut dan kuku pada hewan Kurban yang akan disembelih pada perayaan Idul Adha, Sabtu (9/7/ 2022).

Dia menegaskan, sebagai lembaga politik, pihaknya memiliki fungsi pengawasan, seingga mendorong instansi terkait melakukan tugas pengawasan terhadap hewan Kurban pada perayaan Idul Adha 2022.”Terutama instansi terkait seperti Dinas Kesehatan dan Dinas Pertanian/Peternakan serta instansi teknis lainya agar melakukan tugas monitoring dan pengawasan terhadap hewan-hewan yang di jual dan akan di sembelih pada perayaan Idul Adha nanti,”harap Sairdekut, kepada DINAMIKAMALUKU.COM, Rabu (22/6/2022).

Politisi Partai Gerindra dari daerah pemilihan Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan Kabupaten Maluku Barat Daya ini, mengigatkan, bahaya penyakit mulut dan kuku pada hewan yang berdampak serius terhadap kesehatan manusia.” Kita dengar penyakit kuku dan mulut meresahkan masyarakat. Ini harus diantisipasi segera agar tidak berdampak serius,”ingat Sairdekut.(Semuel Oni Yaki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *