Connect with us

Politik

Jenderal Aktif Ini Diwacanakan Bakal Rebut Gubernur Maluku

Published

on

DINAMIKAMALUKU.COM, AMBON-Pemilihan Gubernur Maluku, sedianya digelar medio, November 2024 mendatang. Namun, menuju “pesta” demokrasi lokal lima tahunan itu sejumlah figur mulai diwacanakan bakal merebut kursi Gubernur Maluku, periode 2024-2029. Terakhir, salah satu Jenderal aktif “bintang” satu diwacanakan merebut kursi panas itu.

Mereka adalah, incumbent, Murad Ismail, Jefri Apoli Rahawarin, dan Febri Calvin Tetelepta. Murad saat ini menjabat Gubernur Maluku, sudah dipastikan kembali maju mempertahankan kursi orang nomor satu didaerah ini. Ketua DPD PDIP Perjuangan ini bakal mengantongi “tiket” parpol yang dipimpinya.

Rahawarin adalah, mantan Pangdam XVI Pattimura.  Rahawarin santer dibicarakan bakal maju merebut kursi Gubernur Maluku. Meski, mantan Pangkogabwilham III ini belum menyatakan sikapnya maju berlaga di Pilgub, namun sejumlah alat peraga berupa baliho dan spanduk yang beredar sudah mengkampanyekan Rahawarin, bakal merebut kursi Maluku 1.

Berikut adalah, Tetelepta. Deputi I Kepala Staf Presiden (KSP) ini ramai dibicarakan bakal ikut kontestasi di Pilgub Maluku. Dia juga belum sesumbar bakal mencalonkan diri. Namun, alat peraga yang beredar sudah mengarah ke Pilgub. Begitu juga dengan tim dan orang dekatnya mulai menjagokan Tetelepta.

Terakhir, diluar dugaan, nama Said Latuconsina, mulai diwacanakan bakal ikut kontestasi di Pilgub rebut kursi Gubernur Maluku. Buktinya, orang dekat Danlantamal IX Ambon, pangkat satu bintang (Brigjen) ini mulai mengecek animo masyarakat  lewat poling. Hasil poling memang Latuconsina, berada di atas. Namun, penyebaran poling tidak seperti hasil survei lembaga survei yang khusus mengukur elektabilitas figur-figur yang diwacanakan  berlaga di Pilpres maupun Pilkada.

Salah satu orang dekat, Latuconsina, Tadi Salampessy, tidak secara terang-terangan menyebut Latuconsina, bakal maju di Pilgub. Dia hanya mengaku.”Kalau rakyat Maluku menghendaki Latuconsina, sudah pasti maju (rebut kursi Gubernur Maluku,”kata Salampessy, kepada DINAMIKAMALUKU.COM, Jumat (15/7/2022).

Soal, Latuconsina, pernah mengutarakan niatnya bakal merebut kursi Gubernur Maluku, dia hanya mengatakan.”Beliau itu tergantung dukungan rakyat.  Ini poros tengah juga,”ingatnya.(DM-02)


Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *