Connect with us

Ragam

Kalesang Negeri 11 September Gandeng TNI dan Arta Graha “Masohi” Stadion Mandala Remaja

Published

on

DINAMIKAMALUKU.COM, AMBON-Setelah merubah pemukiman warga rumah dan toko (Ruko) dengan sebutan kampung pelangi, program Kalesang Negeri 11 September, yang dicanangkan Gubernur Maluku, Murad Ismail, tepat di hari lahirnya, mulai melebarkan sayapnya.

Sabtu (26/9), Kalesang Negeri 11 September, bersama TNI dengan Corporate Sosial Responsibility (CSR) Bank Arta Graha peduli, gotong royong (Masohi) membersihkan dan mengecat stadion Mandala Remaja di kawasan Karang Panjang. Tampak koordinator Kalesang Negeri 11 September, Mus Mualim, Danrem 151/ Binaiya, Brigjen TNI Arnold AP Ritiauw, pimpinan Bank Artha Graha, Kadis PUPR Maluku, Muhammad Marasabessy, dan pihak terkait membuka kegiatan Kalesang Negeri 11 September dengan pembersihan dan pengecatan stadion Mandala Remaja. Tampak ratusan personil membersihkan dan mengecat stadion kebanggaan masyarakat Maluku, agar terlihat bersih.”Kita juga akan melakukan pembersihan, pengecatan, dan perbaikan disejumlah fasilitas. Tadi kita ke Pola, Wayame, dan wilayah lain untuk melihat langsung sarana dan prasarana yang akan dibersihkan dan dicat, sesuai keinginan Pak Gubernur,”kata Mualim, kepada DINAMIKAMALUKU.COM, Sabtu (26/9).

Kadis PUPR Maluku, Muhammad Marasabessy menambahkan, gerakan Kalesang Negeri 11 September yang digagas gubernur, diawali kegiatan di instansi yang dipimpinya.”Namanya pembinaan kemitraan, antara kementerian dan lembaga. Jadi kita pembina kemitraan infrastruktur PU dan Tata Ruang,”kata Marasabessy.

Pihaknya, kata mantan pejabat di Kementerian PUPR ini, bekerjasama, kolaborasi, dan komunikasi antara kementerian, lembaga, BUMN, TNI/Polri, Perguruan Tinggi, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas dan sederajat, masyarakat, komunitas sungai pantai dan lingkungan.”Kebetulan beliau (gubernur) hari ulang tahun 11 September. Lalu ide muncul dari teman-teman komunitas. Beliau sangat merespon dan mendukung,”paparnya.

Dia mengaku, 11 September 2020, tepat hari ulang tahun gubernur, diawali dengan kampung pelangi, di Tantui.”Kegiatan itu dihadiri semua Forkopimda. Pak gubernur turun langsung untuk membuka kegiatan. Kita jalan terus. Tadi, selain di stadion Mandala Remaja, di simpang trikora, dan sejumlah jembatan, yang akan dibersihkan dan dicat,”jelasnya.

Namun, terang mantan Kepala BWS Maluku ini, kegiatan bersama TNI, dalam rangka HUT TNI ke 75, puncaknya 5 Oktober 2020, pihaknya lakukan Kalesang Negeri 11 September di stadion Mandala Remaja.”Jadi memang stdion kumuh. Jadi 250 personil TNI yang lakukan pembersihan dan pengecatan. Ada CSR dari Arta Graha peduli dengan bantuan 200 kaleng cat,”tandasnya.

Tak hanya itu, selain sejumlah infrastruktur dan sarana prasarana di kota Ambon, di bersihkan dan dicat, Kalesang Negeri 11 September, membersihkan dan mengecat fasilitas umum, pemukiman warga di 10 kabupaten dan kota.”Kita akan turun sesuai harapan Pak Gubernur. Setidaknya dengan kegiatan ini bisa berdampak luas kepada masyarakat Maluku,”pungkasnya.(DM-01).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *