Connect with us

Ragam

Kehabisan BBM, KM Putra Masbuar   dan 2 ABK dan belum Ditemukan

Published

on

DINAMIKAMALUKU.COM, AMBON-Kapal Motor (KM)  Putra Masbuar dilaporkan hilang. Kapal naas dengan tiga Anak Buah Kapal (ABK) itu berlayar dari Luang Timur menuju pulau Babar, Kabupaten Maluku Barat Daya, 29 Mei 2022 lalu. Namun, hingga saat ini belum ditemukan.

Diduga kapal kayu itu kehabisan Bahan Bakar Minyak (BBM) sehingga  hanyut diantara perairan pulau Sermatang dan pulau Babar. 3 ABK KM Putra Masbuar, yakni Yusuf Imimpa (60 ) Juragan Motor/ Nahkoda, Yustus Okmemera, ABK, dan ARI Onarely, ABK. Namun, salah satu ABK dilaporkan selamat setelah mendayung Sampan  kedarat untuk meminta pertolongan.

Ketua Umum Pengurus Pusat Perkumpulan Masyarakat Kepulauan Babar (PEMASKEBAR) Prof Bob Mosse menuturkan, KM Putra Masbuar dari Dusun Masbuar, Desa Tella, Kecamatan Babar Barat, bermuatan Kayu melakukan penjualan di wilayah Pulau Luang tepatnya Desa Luang Timur sesuai pesanan pembeli. “Selanjutnya setelah selesai melakukan transaksi jual beli, 29 Mei 2022 lalu, KM PUTRA  Masbuar dengan penumpang 3 orang melakukan pelayaran kembali dari Desa Luang Timur ke Tepa,”kata Mosse, kepada DINAMIKAMALUKU.COM, Senin (6/6/2022).

Namun, dalam perjalanan KM Putra Masbuar, kehabisan BBM di perairan Luang Sermatang menuju Tepa. Selanjutnya salah satu ABK atas nama Ari Onarely, dengan mengunakan perahu Sampan menerjang ombak tinggi   berupaya mendayung  ke darat untuk meminta bantuan ke masyarakat dan bantuan BBM.

“Akhirnya Ari Onarely tiba di Desa Rotnama, untuk meminta bantuan. Sampai sekarang tim Polsek Mdona Hyera bersama 1 unit Jolor Laut Desa Luang Timur, sementara melakukan penyisiran,”terangnya.

Namun, sebut dia, karena  kekurangan BBM dan cuaca belum bisa menemukan keberadaan motor KM Putra Masbuar.”Kami sementara membantu berkoordinasi dengan Lantamal Ambon dan BASARNAS. BASARNAS sementara kumpul bukti dan koordanasi dengan BASARNAS didaerah untuk melakukan pencarian. Ini agar ada armada Laut yang lebih besar untuk membantu Pemda MBD mencari KM Putra Masbuar. Ini karena cuaca alam yang tidak bersahabat di perairan itu,”sebutnya.

Apalagi, dia mengaku, sesuai informasi Bupati MBD, Benyamin Noach, mengistruksikan instansi terkait membentuk  2 Tim melakukan pencarian KM Putra Masbuar.”Tim 1  melakukan penyisiran dari perairan Moa Lakor sampai Luang Sermatang. Tim 2 dengan mengunakan Speadboat milik UPTD Dinas Perikanan Provinsi Maluku,   yang berlokasi di Tepa melakukan penyisiran dari Tepa menuju perairan Wetang Marsela sampai Luang Sermatang,”pungkasnya.(DM-01)


Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *