Connect with us

Politik

Kemiskinan Turun Drastis, Akademisi dan Kader PDIP Akui Kerja Keras MI-BO

Published

on

DINAMIKAMALUKU.COM, AMBON-Ditengah keinginan kuat Gubernur Maluku Murad Ismail dan Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno (MI-BO), kembali berpasangan pada Pemilihan Gubernur 2024 mendatang,  apresiasi positif dari sejumlah kalangan bagi kepemimpinan mereka membangun daerah ini.

Sebab, kepemimpinan mereka menunjukan progres positif  di berbagai sektor, sehingga berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi dan penurunan angka pengangguran, dan kemiskinan.

Buktinya, pertumbuhan ekonomi sebesar 5,33 persen, berkurangnya angka pengangguran dari 7,57 persen menjadi 6,93 persen,   menurunnya angka kemiskinan dari 17,99 persen menjadi 16,30 persen serta Index Pembangunan Manusia  (IPM) dari 69,49 persen naik menjadi 69,73 persen.

Dosen UKIM Roby Tutuhatunewa menjelaskan, berbagai capaian tersebut di atas menunjukan kerja Gubernur Maluku Murad Ismail telah menunjukan kinerja yang baik dalam menata pemerintahan dan pembangunan di Maluku. Tidak hanya itu, provinsi Maluku, sejak  2019 hingga 2020 memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam pengelolaan keuangan daerah.

Tutuhatunewa mengakui, tantangan yang dihadapi MI-BO  membangun Maluku tidak mudah bahkan terlalu kompleks. “Setelah dilantik Pak MI sudah berhadapan dengan gempa bumi pada beberapa tahun lalu. Terutama kota Ambon, Maluku Tengah dan Seram Bagian Barat. Awal 2020 hingga kini pandemiCovid-19 sangat menganggu. Tapi dalam situasi begitu ketika banyak daerah terpuruk akibat pandemi, Provinsi Maluku, justeru mencapai hasil yang baik. Ini tidak bisa dipungkiri adalah hasil kerja keras MI dan BO tentu dengan dukungan semua komponen masyarakat. Ini sangat luar biasa dan harus diberi apresiasi,”paparnya.

Sementara itu  salah satu kader PDI Perjuangan, Dominggus Pattileuw mengatakan, sekalipun ada sekolompok orang apatis terhadap MI,  tapi faktanya MI bisa tunjukan prestasi dan diakui pemerintah pusat. “Sebagai kader partai beta bangga dengan apa yang dicapai Pak MI dalam memimpin Maluku. Beta yakin kedepan Maluku akan semakin maju,”pungkasnya.(DM-01)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *