Connect with us

Ragam

KM Henrti Terbakar, 25 ABK Hilang, 2 Tewas, dan 5 Selamat

Published

on

DINAMIKAMALUKU.COM, AMBON-Cuaca ekstrim beberapa hari belakangan ini memakan korban. Kapal Motor (KM) Henrti dilaporkan terbakar di sekitar perairan Pulau Molu Tanimbar, Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan Pulau Tanimbar, Kabupaten Maluku Tenggara, Rabu, (8/9/2021).

Akibatnya, 2 orang Anak Buah Kapal (ABK) dinyatakan meninggal, 25 ABK dinyatakan hilang, dan 5 ABK selamat.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ambon, Mustari mengatakan, KM Henrti yang hendak menangkap Cumi, bertolak dari pelabuhan Muara Angke Jakarta menuju Merauke, Papua”Namun karena cuaca buruk di perairan Maluku, kapal itu sempat diterjang gelombang tinggi mencapai 3 meter,”kata Mustari, melalui rilis yang diterima DINAMIKAMALUKU.COM, Kamis (9/9/2021).

Akibatnya, terjadi pemicu munculnya api dan asap tebal hingga membakar badan kapal sekitar 50 mil dari Perairan Tanimbar dan Pulau Tanimbar Maluku Tenggara.” 30 ABK terpaksa meloncat ke laut untuk menyelamatkan diri,”tuturnya.

Sebanyak 5 ABK ditemukan selamat oleh sebuah Kapal Pencari Telur Ikan sekitar 20 mil dari Pulau Molu.”
Satu per satu ABK dievakuasi menuju Desa Mun Pulau Tanimbar Kei, Kabupaten Maluku Tenggara,” paparnya.

Salah satu ABK selamat mengatakan, saat kapal terbakar 30 ABK menceburkan diri ke laut lalu berenang menjauhi kapal. Namun, karena gelombang tinggi mereka terpisah dan sebagian hilang hanya lima orang yang berhasil selamat.

“ABK selamat sudah mendapatkan pelayanan kesehatan di Desa Tanimbar, Kecamatan Kei Kecil, Maluku Tenggara,”lanjut Mustari.(DM-01)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *