Connect with us

Hukum

Kuasa Hukum Wattimena Cabut Gugatan, Hattu : Secara Administratif Sudah Selesai

Published

on

DINAMIKAMALUKU.COM, AMBON-, Majelis hakim Pengadilan Negeri Ambon, akhirnya mengeluarkan penetapan pengadilan tentang pencabutan gugatan secara perdata yang diajukan kuasa hukum mantan anggota DPRD Provinsi Maluku, Welem Wattimena. Ini setelah kuasa hukum mantan politisi Partai Demokrat itu cabut gugatan.

Kuasa hukum Wattimena menggugat perdata DPD Partai Demokrat Maluku, Gubernur, dan KPU Maluku, sebagai tergugat. Penetapan ini dilakukan ketua majelis hakim PN setempat, Julianti Wattimury didampingi dua hakim anggota di Ambon, Senin (2/8/2021)

“Permohonan pencabutan perkara dikabulkan dan membebankan biaya perkara kepada penggugat, serta memerintahkan panitera untuk menghapus perkara tersebut dari register perkara,” kata ketua majelis Hakim, Julianti Wattimury.

Kuasa Hukum DPD Partai Demokrat Maluku, Herman Hattu mengatakan, dengan dicabutnya perkara yang ditetapkan dalam sidang maka secara administratif dinyatakan selesai.

“Penetapan oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Ambon sebagaimana dalam sidang tadi itu atas kehendak penggugat melalui kuasa hukumnya,” ucap Herman.

Dikatakan, secara administratif itu dinyatakan selesai, tetapi secara substansi hak menggugat dari penggugat principal itu selesai secara hukum.

Maka kedudukan hukum penggugat dalam konteks perkara ini dinyatakan tidak punya hubungan lagi.

“Majelis hakim PN Ambon membuat penetapan karena mereka yang mengajukan permohonan untuk pencabutan,” katanya menjelaskan.

Menurut dia, kalau disebut putusan maka sudah masuk pada pokok perkara, tetapi ini belum sampai ke arah seperti itu.

“Yang digugat itu adalah kedudukan hukum penggugat sebagai anggota partai yang adalah anggota DPRD Provinsi Maluku, dimana dia mengajukan gugatan sebab dirinya dipecat dan terhadapnya juga dikenakan sanksi Pergantian Antarwaktu sebagai anggota DPRD Maluku,” tegasnya.

Inilah dasar pengajuan gugatan dimaksud, dan ini adalah penetapan pengadilan terhadap yang bersangkutan yang tidak lagi menjadi anggota Partai Demokrat.(DM-01)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *