Connect with us

Ragam

Kuliah Perdana di Fakultas Perikanan, Mualim Ajak Usaha Pariwisata Maritim

Published

on

Kuliah Perdana di Fakultas Perikanan, Mualim Ajak Usaha Pariwisata Maritim

DINAMIKAMALUKU.COM, AMBON-Ketua Badan Promosi Pariwisata Maluku, Mus Mualim mengajak, mahasiswa Fakultas Perikanan Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, agar usaha dibidang pariwisata maritim.

“Potensi Pariwisata kita sangat luar biasa. Apalagi potensi pariwisata Maritim yang belum dikelola dengan baik. Saya ajak adik-adik mahasiswa pada nantinya menggeluti dunia usaha ini,”ajak Mualim, ketika menjadi pembicara pada panel diskusi kuliah perdana dan orientasi mahasiswa baru 2021 program studi Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan Fakultas Perikanan (PSP-FPIK) Unpatti dengan thema Bangkit PSP Mahasiswa Jaya, di ruang seminar Fakultas Perikanan Unpatti Ambon, Jumat (25/9/2021).

Bendahara DPD Partai Hanura Maluku, Bendahara Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Orwil Maluku ini mengaku, selama ini lulusan universitas lebih banyak berharap menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN). Padahal ingat dia, para lulusan sarjana dituntut untuk menciptakan lapangan kerja.”Nah, pintunya lewat usaha. Disana lapangan kerja terserap,”ingatnya.

Dia mengaku, potensi pariwisata di Maluku sangat menjanjikan untuk dikelola dengan baik. Kata dia, banyak destinasi-destinasi pariwisata, pariwisata bahari, dan spot-spot pariwisata, serta potensi pantai sejumlah wilayah di Maluku sangat indah.”Disini industri pariwisata Maritim kita bisa dikelola,”jelasnya.

Untuk itu, ingat dia, pihaknya kini tengah fokus promosi potensi pariwisata. Namun, ingat dia, pihaknya akan menetapkan produk-produk unggulan pariwisata untuk dipromosikan ditingkat nasional maupun internasional.”Kalau kunjungan wisatawan domestik dan manca negara meningkat, tentu berimplikasi ke daerah dan masyarakat. Apalagi dunia usaha disektor pariwisata sangat berdampak positif,”jelas pengusaha muda ini.

Ketika sesi tanya jawab, salah satu mahasiswa Perikanan Unpatti Ambon, Ririn menanyakan konsep dan strategi promosi pariwisata di Maluku terutama pariwisata Maritim, kepada Mualim. Mualim mengatakan. “Pomosi pariwisata Maritim lebih ke produk. Seperti destinasi-destinasi pariwisata unggulan di Maluku,”paparnya.

Dia mencontohkan, diera digitalisasi yang kompetitif, mestinya dimanfaatkan untuk promosi pariwisata.”Sekarang ilmu teknologi sudah maju. Promosi di media sosial lebih gampang. Nah disitu kita promosi potensi destinasi persiapkan branding sebagai daya tarik yang bisa orang melihat dan paham bahwa daerah ini dimana enaknya lokasi dimana,”tuturnya

Tak hanya itu, spot-spot wisata yang dijual sebagai produk wisata kedepan lebih terarah.” Promosi lebih ke Iptek. Adik-adik bisa kembangkan saja dibidang perikanan juga maritim seperti spot diving lebih enak. Saatnya kita rubah cara berpikir kita. Kita bisa porsi lewat website dan media sosial yang ada,”harapnya.

Apalagi ingat dia, pantai-pantai di Maluku, tak kalah menarik di lantai di Bali dan Nusa Tenggara Barat. “Nah, kau kita gencar promosi tentu wisatawan berkunjung didaerah kita. Jadi mari kita kolaborasi dan komunikasi tingkatkan kunjungan wisata di Maluku. Jadi semua pihak harus terlibat. Jadi bukan pemerintah dan badan promosi pariwisata saja,”pungkasnya.

Selain Mualim, hadir sebagai pembicara, Asisten Deputi perikanan tangkap komenku marves (BPK Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, PLH Sekda Maluku yang dalam hal ini di wakili oleh Kabid perikanan budidaya, pengolahan dan pemasaran hasil perikanan (Bapak Roy Iwamoni, S.Pi, M.Si) dan Komandan Lantamal IX Ambon (KOL LAUT (P) Syarif Abdul Radjak S.Pi. M.Si.M.Si.(DM-01)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *