Connect with us

Ragam

Lima Kada Segera Berakhir, Ini Figur Bakal Penjabat Bupati dan Walikota

Published

on

DINAMIKAMALUKU.COM. AMBON-Sebanyak lima Bupati dan Walikota bersama wakilnya di Provinsi Maluku, masa jabatannya berakhir di 2022. Itu berarti kursi kepala daerah (Kada) dan wakil kepala daerah yang kosong selama dua tahun setelah hasil Pilkada serentak 2024 mendatang.

Kekosongan kepemimpinan di lima kabupaten dan kota itu dipastikan dijabat Penjabat Bupati dan Walikota. Penjabat Bupati dan Walikota memimpin hingga Bupati dan Walikota terpilih berdasarkan hasil Pilkada bersama wakilnya memimpin di lima daerah itu.

Sekedar informasi, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota, periodisasi berakhir di 2022, yakni Bupati dan Wakil Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua-Marlatu Leleury, Bupati dan Wakil Bupati Buru, Ramli Umasugy-Amus Besan, Bupati dan Wakil Kepulauan Tanimbar, Petrus Fatlolon-Agustinus Utuwaly, Bupati Seram Bagian Barat, Thimotius Akerina, dan Walikota dan Wakil Walikota Ambon, Richard Louhenapessy dan Syarif Hadler.

Di Maluku Tengah Tuasikal dan Leleury, sudah menjabat dua periode. Masa periodisasi mereka selesai medio September 2022 nanti.

Di Kabupaten Buru, Umasugy-Besan masa jabatan berakhir April 2022 mendatang. Beralih ke Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT). Disana Fatlolon-Utuwali, masa jabatannya berakhir Maret 2022 mendatang. Mereka baru satu periode memimpin bumi Duanlolat.

Sementara di SBB, Thimotius Akerina yang mendampingi almarhum Bupati SBB, Yasin Payapo sebagai Wakil Bupati dan kini dilantik menjabat Bupati setempat. Masa jabatan Akerina berakhir medio Maret 2022 mendatang. Dia baru satu periode memimpin bumi Saka Mese Nusa.

Sedangkan di Kota Ambon, Louhenapessy sudah menjabat Walikota dua periode. Sementara Hadler baru satu periode menjabat Wawali. Masa jabatan mereka berakhir Medio Mei 2022 mendatang.

Kursi kepala daerah dan wakil kepala daerah yang kosong di lima daerah itu, bakal dipimpin Penjabat Bupati dan Walikota. Sesuai aturan main Gubernur Maluku, mengusulkan calon penjabat Bupati dan Walikota dari birokrat yang memenuhi syarat ke Menteri Dalam Negeri untuk mendapat surat keputusan.

Lantas, siapa bakal calon Penjabat Bupati dan Walikota di lima daerah itu, informasi yang diperoleh DINAMIKAMALUKU.COM, sejumlah figur digadang-gadang bakal diusulkan menjabat Penjabat Bupati Malteng, Buru, KKT, SBB dan Walikota Ambon.”Birokrat yang ditunjuk sepertinya putra asli kabupaten dan kota yang bupati dan Walikota masa tugasnya berakhir 2022,”jelas sumber DINAMIKAMALUKU.COM, Rabu (5/1/2022).

Dia mengaku, di Kota Ambon, sejumlah pejabat birokrasi memiliki peluang diusulkan jadi Penjabat Walikota Ambon.”Ada nama Sekwan DPRD Maluku, Bodewin Wattimena, yang disebut-sebut bakal diusulkan menduduki kursi Penjabat Walikota Ambon. Apalagi, Wattimena putra Ambon. Sejumlah pejabat lain juga punya peluang. Sebut saja Deni Lilipory (Kadis Perumahan Pemprov Maluku) dan pejabat birokrasi lainya,”bebernya..

Bergeser ke Malteng, Kadis PUPR Maluku, Muhamat Marasabessy, santer disebut-sebut bakal diusulkan sebagai Penjabat Bupati Maluku Tengah. “Memang ada sejumlah pejabat birokrat berpeluang. Tapi nama Pak Matt (sapaan Marasabessy) punya peluang kuat diusulkan jadi Penjabat Bupati Malteng,”terangnya.

Di KKT, nama Piet Rangkoratat, disebut-sebut bakal diusulkan sebagai Penjabat Bupati KKT. Rangkoratat yang juga mantan Sekda KKT, disebut-sebut punya peluang jadi Penjabat Bupati KKT.

Sementara di SBB, nama Roy Syauta ikut disebut berpeluang diusulkan jadi Penjabat Bupati SBB. Sebab Syauta yang saat ini menjabat Kadis Lingkungan Hidup Provinsi Maluku, adalah putra asli SBB. Sedangkan di Buru, hingga kini belum diketahui siapa pejabat Birokrasi yang Bakal ditunjuk jadi Penjabat Bupati Buru.

Terpisah, Karo Pemerintahan Pemprov Maluku, Boy Kaya Ketika dihubungi via aplikasi Whatsapp, terkait pengusulan penjabat Bupati, Malteng, Buru, KKT, SBB dan Walikota Ambon, tidak merespon DINAMIKAMALUKU.COM, Selasa (4/1/2022).(DM-02)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *