Connect with us

Ragam

Marasabessy : ICMI Harus Bangkit Jadi Motor Penggerak Umat Islam

Published

on

DINAMIKAMALUKU.COM, AMBON-Para pengurus dan kader Ikatan Cendekiawan Muslim Se-Indonesia (ICMI) dituntut memainkan fungsi dan peranya untuk bangkit menjadi motor penggerak umat Islam. Ini dilakukan agar ikut berkontribusi bangun bangsa Indonesia secara umum dan Provinsi Maluku, secara khusus di berbagai sektor.

Demikian disampaikan Ketua ICMI Orwil  Maluku, DR Muhamat Marasabessy, ST, SP, M.Tech, ketika melantik pengurus ICMI Kabupaten Buru dan rapat kerja para Cendekia itu di Aula Kantor Bupati Buru, Kamis (23/6/2022).”Saya sebagai ketua ICMI Orwil Maluku mewakili teman teman pengurus mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Ketua dan jajaran pengurus ICMI Kabupaten Buru yang tetap serius dan berkomitmen untuk mengkonsolidasikan seluruh potensi kerja-kerja keumatan, serta mampu menggelar agenda organisasi melalui momentum pelantikan dan rapat kerja, “kata Marasabessy.
 
Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Maluku ini mengaku, kehadiran ICMI di Kabupaten Buru, sudah tentu abisa mengenal satu sama lainnya yang dapat lebih  mempererat ukhuwah islamiyah diantara  ICMI.”ICMI harus bangkit menjadi motor penggerak bagi umat Islam di Indonesia,”harapnya.
 
Kadis PUPR Provinsi Maluku ini menekankan, dalam spirit sebagai motor penggerak tersebut, maka ICMI harus senantiasa dapat memahami seluruh permasalahan yang dihadapi oleh umat Islam saat ini. “Masalah umat Islam yang tidak hanya terjadi di level lokal tetapi juga di tingkat global yang tentunya memiliki persoalan yang sangat kompleks. Bagaimana ketertinggalan umat Islam dalam bidang ekonomi, pendidikan, serta penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang masih terbilang kurang sehingga umat Islam saat ini dapat dikatakan tidam memiliki daya saing yang kuat dalam mengikuti perkembangan zaman. Bagaimana kehadiran kelompok-kelompok radikalisme yang mengatasnamakan islam melakukan kekerasan dan sejumlah aksi terorisme,”jelasnya.

 Persoalan demikian, kata mantan Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Maluku ini tentunya merupakan tanggung jawab bersama ķita semua sebagai umat Islam terkhusus menjadi nafas dan semangat perjuangan ICMI. “Kita tentunya memiliki tugas yang besar untuk menerjemahkan dan memberikan pemahaman tentang apa yang sedang terjadi serta memberikan solusi untuk dapat bergerak menuju masa depan Islam yang lebih baik,”ingatnya.
 
Dia berharap, kader dan pengurus ICMI tidak  menutup mata dengan berbagai persoalan umat Islam yang terjadi. Apalagi, ingat Koordinator Balai-Balai Kementerian PUPT di Maluku ini, ICMI sebagai basis dari kaum cendekia dan intelektual sebisa mungkin harus mengambil posisi yang paling depan untuk mendorong agar umat Islam dapat bergerak maju dan membuat perubahan yang strategis sehingga menciptakan dunia
Islam yang maju dan berkembang.

“ICMI harus menjadi mitra kerja pemerintah yang bahu membahu dalam membangun kesejahteraan umat Islam dan kemajuan positif umat Islam di Indonesia. Dan Alhamdulillah  Pemerintah Daerah Provinsi Maluku dalam hal ini Gubernur Maluku pak Murad Ismail telah memberikan hibah tanah untuk pembangunan kantor sekrtariat ICMI Orwil Maluku  sebagai markas besar  ICMI Orwil  Maluku. Ini merupakan awal hubungan yang baik antara ICMI  dengan pemerintah daerah,”bebernya.

Tak hanya disitu,  ICMI Maluku, kedepan berencana untum membangun sekolah Cendikia  dari tingkat dasar sampai ke jenjang perguruan tinggi dengan tujuan menciptakan sumber daya manusia muslim yang berdaya saing. “Kerjasama yang baik diantara sesama pengurus dengan selalu membangun komunikasi koordinasi akan menjadi kekuatan bagi keberlangsungan dan berjalannya  organisasi kedepan. Perbedaan itu pasti selalu ada, jangan kita jadikan sebagai permasalahan tetapi jadikanlah sebagai bahan evaluasi untuk menyatukan persepsi dgn cara berMufakat sesama pengurus itulah dinamika kita berorganisasi Insya Allah akan menjadi Baroqqah untuk kita semua,”imbuhnya.

Apalagi, ingat Ketua Umum DPP Ikatan Alumni Universitas Pattimura (IKAPATTI), ICMI sebagai salah satu perwujudan Islam Rahmatan Lil Alamin memiliki komitmen memajukan kesejahteraan Umum dan Mencerdaskan Kehidupan Bangsa dengan menjadikan nilai nilai Islam sebagai kekuatan moral,yang bersumber dari ilmu pengetahuan.

“Eksistensi ICMI sekaligus menampilkan Islam sebagai kekuatan spritual yang hakiki dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, dalam rangka membangun peradaban bangsa, membangun Indonesia yang berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,”tegasnya.

Marasabessy akrab disapa Pak Matt ini berharap, diskusi keumatan dan kebangsaan yang dilaksanakan oleh ICMI Maluku ini memiliki arti penting dan strategis untuk membangun kesadaran dalam beragama dan bernegara serta meningkatkan wawasan keIslaman dan wawasan kebangsaan karena Keislaman dan kebangsaan merupakan dua wawasan utama yang harus ada dalam setiap organisasi masyarakat Islam di Indonesia.

” Wawasan Keislaman penting karena ia merupakan landasan pokok yang selanjutnya akan menjadi sumber sekaligus spirit dalam menjalankan dan mengembangkan organisasi dakwah. Sedangkan wawasan kebangsaan penting untuk memperkuat jiwa dan sikap nasionalisme, oleh karenanya setiap kader dalam organisasi Dakwah harus memiliki Wawasan keislaman dan Kebangsaan yang komprehensif, tidak hanya paham namun juga harus diamalkan disetiap gerak langka dalam menjalankan roda organisasi,”paparnya.

Wawasan keislaman tanpa disertai dengan wawasan kebangsaan dapat berdampak pada melemahnya sikap nasionalisme. Disebutkan, tanpa wawasan kebangsaan yang kokoh, organisasi dapat terjebak pada sikap fanatik berlebihan.
 
“Selaku Ketua ICMI Orwil Maluku, saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur Maluku, Bapak Penjabat Bupati Kabupaten Buru serta seluruh stakehorlder masyarakat dan pemerintah Kabupaten Buru yang selalu memberikan nasehat, motivasi dan membantu aktivitas ICMI baik pada level provinsi maupun kabupaten,”ingtnya.

“Semoga kita semua tetap sehat dan diberikan umur yang panjang untuk terus melakukan kebaikan bagi sesame dan bagi kejayaan Maluku negeri Raja-Raja yang kita cintai ini.Selamat dan sukses untuk pelaksanaan Rapat Kerja ICMI Buru. Kepada Bapak Penjabat Bupati Buru sekali lagi saya ucapakan terima kasih dan teruslah melayani masyarakat Buru dengan hati;”tutup Marasabessy.

Hadir pada kesempatan itu, selain pengurus ICMI Buru, hadir penjabat Bupati Buru, Djalaludin Salampessy, Forkopimda, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Buru, dan tamu undangan lainya. (Semuel oni Yaki).
 
 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *