Connect with us

Ragam

Marasabessy : Koordinasi Penting Bangun Infrastruktur

Published

on

DINAMIKAMALUKU.COM, AMBON-Koordinasi antara pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten/kota, sangat penting dilakukan. Tujuanya, agar program pembangunan infrastruktur direalisasi secara baik agar dimanfaatkan secara baik oleh masyarakat didaerah ini.

Demikian disampaikan Kadis PUPR Maluku, Dr Muhamat Marasabessy, ST. M.Tech, saat rapat dengan Komisi III DPRD Maluku, Jumat (29/1). Rapat tersebut membicarakan program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) dan penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyatakat ( Pemsimas). “Saya harap ada koordinasi yang terintegrasi agar program yang dicanangkan pemerintah diperjuangkan untuk dibangun,”kata mantan pejabat di Kementerian PUPR ini.

Sekedar tahu, program Kotaku di Kementerian PUPR, Maluku tidak kebagian program itu. Program Kotaku usulan anggota Komisi V DPR RI. Namun, karena wakil rakyat asal Maluku tidak duduk di komisi yang membidangi infrastruktur itu, tahun 2020 Maluku tidak kebagian.”
Selain koordinasi kita juga sering ketemu dan sharing. Ini agar progran dan anggaran dari dipusat dapat diperjuangkan,”harap Marasabessy, akrab disapa Pak Matt.

Marasabessy, sebelumnya diapresiasi anggota Komisi III DPRD Maluku, karena gigih memperjuangkan anggaran di pusat. Buktinya, Pemprov mendapat pinjaman Rp 700 miliar dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) (Persero) untuk bangun infrastruktur di 11 kabupaten dan kota.”Perencanaan juga penting. Ini agar program Kotaku berjalan baik,”ingat mantan Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Maluku itu.

Tak hanya itu, pejabat dengan kesederhanaan dan kerendahan hati ini menekankan, apapun usulan program baik itu dari kabupaten, kota ke pusat tembusanya disampaikan kepada pihaknya.”Ini agar kita kawal bersama. Saya minta juga koordinasi berjenjang. Jangan langsung ke pusat. Dari kabupaten/kota ke provinsi baru ke pusat. Ini agar tidak ada tumpang tindih kewenangan dan program di lapangan,”pungkasnya.(DM-01)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *