Connect with us

Ragam

Mengenang Almarhumah Since Porsiana Ketika Menjabat, Ini Kesan “Menohok” Bupati MBD

Published

on

DINAMIKAMALUKU.COM, AMBON-Kepala Bagian Pengembangan BKPSD Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Since Yosina Porsiana,meninggal dunia karena menderita sakit, Selasa (11/5/2021). Dia dikebumikan di pemakaman keluarga di Desa Tomra, Kecamatan Pulau Letti, Kamis (13/5/2021).

Bupati MBD, Benyamin Thomas Noach, ketika menjadi komandan upacara pemakaman Porsiana mengaku, sangat dekat dengan anak pertama dari Poli Porsiana dan Esi Sairlay.” Kita berkumpul disini dalam suasana penuh duka cita karena Tuhan telah memanggil anak, saudara, bapak dan ibu. Dia adalah salah satu pejabat di Pemda MBD. Almarhumah ini memang cukup dekat dengan saya, “terang Noach, dalam sambutanya.

Noach yang baru saja dilantik sebagai Bupati MBD periode 2021-2026 itu menuturkan, setelah dilantik Bupati MBD antar waktu, angkat almarhum di menjabat di salah satu bidang pembinaan BKDSDM MBD.”Ini bidang yang mengurusi pegawai. Badan yang pegawai takut karena bisa menyusahkan banyak orang. Tapi, almarhumah pribadi yang bersahjasa. Junjung loyalitas dan junjung tinggi etika.
Ketika bicara pegawai bermasalah beliau tidak menyampaikan kurangnya orang. Beliau selalu menjadi penyelamat. Ketika saya pertimbangkan pegawai yang indisipliner beliau datang berikan masukan yang saya langsung berikan pengampunan,”tuturnya mengenang.

Tak hanya itu, dia melanjutkan, ketika dirinya sementara urusan dinas di Jakarta, lanjut dia, almarhumah hubungi dirinya kalau 2021 ini ada jatah PIN 3 orang dari Pemda MBD.”Almarhumah sampaikan kepada saya bapak tolong referensi tiga orang. Saya bilang ibu Sin nomor satu dua dan tiga saya WA (Whatshap). Beliau bilang tidak masih ada yang senior dan pangkat lebih tinggi,”bebernya.

Porsiana justeru mempersilahkan tunjuk orang lain. Atas dasar itu, sebut politisi PDIP itu, orang lain berebut fasilitas almarhumah justeru tunjukan pribadi yang bersahaja.”Beliau tidak mengejar jabatan dan mementingkan diri sendiri. Beliau memberikan pelajaran bagi kita semua. Kita butuh orang-orang beretika menjaga keseimbangan loyal dan jaga kesetiakawanan,”ungakapnya.

Dia melanjutkan, figur seperti Porsiana, sulit ditemui. Namun, kenang dia, Pemda berkeinginan lain, namun Tuhan berikan yang lain.” Pemda ingin berikan jabatan tinggi. Tapi Tuhan berkehendak lain. Kita berdoa semoga arwah almarhumah mendapat tempat yang layak disisi Tuhan,”pungkasnya.

Hadir saat upacara pemakaman Porsiana, ibu Rely Noach, Wakil Bupati MBD, Agustinus Kilikily dan ibu, Sekda MBD, Alfons Siamiloy dan ibu, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemda MBD, Camat Pulau Letti, ASN dan masyarakat setempat. (DM-01)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *