Connect with us

Ragam

Muhamat Marasabessy “Sapa Umat” Perdana di Masjid Jami’ek Tulehu

Published

on

TULEHU, DM. COM,-Usai melaunching Gerakan Sapa Umat (GSP) di apel perdana Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Kantor Bupati Maluku Tengah (Malteng), Penjabat Bupati Malteng, DR Muhamat Marasabessy, ST, SP, M.Tech langsung mendatangi Masjid Jami’ek Tulehu, Kecamatan Salahutu, Senin (19/9/2022).

Ini setelah memimpin apel perdana, Kadis PUPR Provinsi Maluku ini langsung menuju Kota Ambon menumpang Spedboat milik Pemda Malteng. Setelah tiba di Pelabuhan Tulehu, Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (Orwil) Maluku itu langsung menuju Masjid Jami’ek Tulehu, sholat Dzuhur bersama umat Muslim didesa itu.

Usai sholat, Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Maluku ini mengaku, dirinya baru saja dilantik Gubernur Maluku, Irjen Pol (Purn) Drs Murad Ismail, SH, MH sesuai surat keputusan Mendagri. “Saya sudah serah terima jabatan dan menyampaikan pidato di rapat paripurna istimewa DPRD Malteng, Sabtu (17/9/2022);”kata Marasabessy.

Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Pattimura (IKAPATTI) ini  mengaku, mestinya setelah tiba di Pelabuhan Tulehu, langsung ke Desa Hila, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Malteng, mewakili Gubernur pembukaan olah raga Sepak Bola.” Tapi, tadi pagi di apel perdana dengan  ASN, saya sudah lounching GSP Berdaulaut dan Berbudaya. Makanya saya mulai mengunjungi rumah ibadah,”terangnya.

Dikatakan, pada kesempatan apel Perdana bersama ASN, dirinya  melakukan terobosan dengan Gerakan Sapa Umat, Berakhlak  Berbudaya.” Saya menginstruksikan agar seluruh ASN memahami dan memaknai gerakan ini serta terus mengkampanyekan gerakan ini dilingkungan tempat tinggal mereka. Gerakan ini harus dilakukan secara masif agar terbangun perdamaian, memperkokoh semangat saling mengasihi sesama, menumbuh kembangkan budaya kearifan lokal di Maluku Tengah, serta meningkatkan rasa baku tolong dalam bingkai Ale Rasa Beta Rasa, Potong Dikuku Rasa Di daging,”ingatnya.

Marasabessy akrab disapa Pak Matt itu  mengaku, GSP terus digalakan selama kepemimpinannya 2024 mendatang. “GSP tujuanya bagaimana mendekatkan pemimpin dengan rakyat demi masyarakat yang berkahlak dan berbudaya. Saya sudah ingatkan Sekda,  staf ahli dan pimpinan OPD. Kita ini pelayan masyarakat. Mari kita sapa umat dimanapun mereka berada,”tandasnya.

Tak hanya disitu, lanjut dia, program GSP Berakhlak Berbudaya sudah didiskusikan dengan Ketua DPRD Malteng dan Sekwan.”Saya katakan kepada pimpinan OPD. Kalau program ini tidak dijalankan saya evaluasi untuk diganti.  Pak Gubernur Maluku Jenderal Murad Ismail, diberbagai kesempatan selalu menginstruksikan agar rumah ibadah, yakni Masjid dan Gereja dibantu,”bebernya.

Dia mengaku, sebagai Kadis PUPR Provinsi Maluku, selalu membantu membangun rumah-rumah ibadah. “Nah, kalau rumah ibadah dibangun. Kita sapa umat dan bantu mereka tentu mereka senang. Tapi kalau mereka lapar pasti teriak dan sangat berdampak pada keamanan,”pungkasnya.

DIAPRESIASI

Sementara itu, sejumlah jemaah usai mendengar arahan Marasabessy, mereka sangat memberikan apresiasi kepada Marasabessy.”Ini baru pertama kali Bupati Malteng ketemu katong. Padahal ontua hanya Penjabat Bupati. Bisa saja ontua ini Bupati defenitif kedepan. Katong sangat apresiasi,”kata mereka. (DM-01)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *