Connect with us

Ragam

Nakhoda KM Pangorango Sempat Diprotes Penumpang

Published

on

AMBON,DM,-Kemudi Kapal Motor (KM) Pangorango, ternyata  bukan baru kali ini bermasalah. Kemudi kapal yang dikelola  PT Pelni itu, bermasalah sejak pelayaran dari Kota Ambon ke Banda, Kabupaten Maluku Tengah.

Sebab, saat kapal itu sangat lambat. Ketika itu, para penumpang kapal tersebut protes ke Nakhoda kapal tersebut.”Nah, disitu baru Nakhoda jelaskan ke penumpang kalau kapal tersebut kemudinya bermasalah,”kata salah satu penumpang KM Pangorango, MH, kepada DINAMIKAMALUKU.COM, Minggu (31/7/2022).

MH yang meminta namanya diinisialkan mengaku, menumpang kapal tersebut dari Kota Ambon ke Saumlaki. Disebutkan, Nakhoda berjanji setelah tiba di Suamlaki baru perbaiki kemudinya.”Nakhoda janji setelah tiba di Suamlaki perbaiki kemudi. Tapi, saya kaget KM Pangorango dari Saumlaki ke Tepa, kemudi kembali bermasalah. Saya tidak tahu di Saumlaki kemudi diperbaiki atau tidak,”ingatnya.

Tak hanya itu, dia mengaku, selain kapal lambat, Air Condicioner atau AC tidak jalan.”Nah, setelah penumpang 
protes kalau ada anak kecil kepanasan batu AC dihidupkan. Jadi setelah diprotez bari pelayanan baik,”terangnya.

Terpisah, Kepala PT Pelni Cabang Ambon, Ilhamda membantah, kalau kemudi kapal itu mengalami gangguan sebelum masuk Suamlaki.”Tidak benar itu. Kemudi Kapal terganggu ketika pelayaran dari Suamlaki ke Tepa,”bantahan Ilhamda, ketika dihubungi DINAMIKAMALUKU.COM, Minggu (31/7/2022).

Sekedar tahu, rute KM Pangorango mulai berlayar dari Kota Ambon, Banda, Saumlaki, Tepa, Moa, Kisar dan kembali melewati rute yang sama.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, 
Kapal Motor (KM) Pangorango, dilaporkan mengalami gangguan teknis di kemudi kiri. Akibatnya, kapal milik PT Pelni dari Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar menuju Tepa, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), hanyut dihantam gelombang di perairan Pulau Babar, Kabupaten MBD.

Sebab, satu-satunya Kapal milik PT Pelni ukuran besar yang melayari sejumlah pulau di MBD diketahui hanyut, oleh salah satu  warga MBD di laut Babar.”Yang tunggu KM Pangorango di Tepa, Pangorango lagi mogok di depan Noka-noka (sekitar laut Babar),”kata salah satu warga Babar, Ongen Kei, di laman facebooknya, Minggu (31/7/2022).

Kepala Pelni Saumlaki, Basri, ketika dihubungi via aplikasi Whatshap membantah kapal tersebut mogok.”Nanti saya cek dulu di kapal. Memang rencana kapal tiba di Tepa sekira pukul 18.00 WIT,”kata Basri, kepada DINAMIKAMALUKU.COM, Minggu (31/7/2022).

Namun, salah satu anggota DPRD Provinsi Maluku, Anos Yeremias, di Whatshap Group Informasi Kapal Perintis mengaku, kapal tersebut memang sudah dekat Pulau Babar. “Tapi, ada gangguan teknis di kemudi kiri. Mohon tidak panik,  tapi bersabar,karena team teknis di Kapal sedang berupaya agar kemudi segera normal kembali,”kata Yeremias.(DM-01)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *