Connect with us

Ragam

Natal Pemkab, Pj Bupati Malteng : Kita Berharap 2023 Ada Perubahan Besar

Published

on

AMBON,DM.COM,-Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) menggelar Natal di Tribun Lapangan Nusantara, Kota Masohi, Rabu (4/1/2023). Penjabat Bupati Malteng, DR Muhamat Marasabessy, SP, ST, M.Tech berharap, ada perubahan besar di tahun 2023 ini.

“Tanpa terasa hari ini adalah hari ke-4 dari perjalanan kehidupan kita di
tahun 2023. Perjumpaan kita dalam perayaan Natal Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah hari ini merupakan bukti betapa besar kasih dan anugerah Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa yang tetap setia menjaga dan menuntun langkah kita hingga ada di Tahun yang baru ini dalam keadaan sehat walafiat diliputi hati yang penuh sukacita,”kata Marasabessy dalam sambutanya.

Menurut koordinator Balai-Balai Kementerian PUPR di Provinsi ini, Natal merupakan peristiwa kelahiran Yesus Kritus yang dirayakan setiap
tahun oleh umat kristen.” Natal memiliki arti dan makna yang sangat dalam, sebab kelahiran Yesus merupakan wujud kasih Allah untuk menyelematkan manusia dari dosa sekaligus cara Allah memulihkan relasiNya dengan
manusia,”jelasnya.

Kadis PUPR Provinsi Maluku ini mengaku, Pemerintah kabupaten tahun ini menyelenggarakan Safari Natal yang merupakan bagian dari Program Gerakan Sapa Umat Berahklak dan Berbudaya.” Kegiatan ini sangat postif dan bernilai strategis untuk meningkatkan ketahanan iman spiritualitas umat kristen, serta bentuk komitmen pemerintah daerah untuk terus membangun harmonisasi sosial
antar umat beragama, sekaligus sarana mensosialisasikan agenda-agenda prioritas pembangunan dan mendorong masyarakat untuk aktif serta
partisipatif dalam mendukung percepatan pembangunan di Kabupaten ini,”paparnya.

Diakui, Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Pattimura ini, safari Natal dilaksanakan di Pulau Saparau, Pulau Nusalaut, Kecamatan Amahai, Kecamatan Elpaputuh dan Kecamatan TNS.” Dalam safari Natal,
juga dilaksanakan beberapa perlombaan salah satunya lomba hias taman natal. Antusias warga gereja sangat luar biasa, hal ini nampak dari partisipasi warga gereja dalam mempersiapkan taman natal yang sangat indah dan bercahaya,”sebutnya.

Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia Orwil Maluku mengaku, seluruh warga Gereja memiliki inovasi dan kreatifitas,yang sangat tinggi. Kata dia, lomba ini membawa perubahan yang sangat signifkan dimana setiap taman natal menjadi wahana baru area photoshop keluarga dari berbagai lapisan masyarakat, termasuk mempercantik lingkungan, sehingga wajah kota dan desa semakin indah dan memberikan kesan modern.

“Saya berharap kedepan kegiatan seperti ini dapat dipertahankan dan bila perlu terus ditingkatkan baik dari aspek kuantitas dan kualitasnya,”harapnya..

Meski begitu, mantan Kepala Balai Wilayah Sungai Maluku ini mengakui, tahun 2022  mengalami berbagai persitiwa suka dan duka. “Beban dan
tantangan kita ditahun yang lalu sangat berat dan kompleksitas. Selaku pemerintah kami terus berusaha dan bekerja sekuat tenaga untuk,memastikan bahwa program pembangunan, pemberdayaan masyarakat dan pelayanan publik dapat terealisasi dengan baik. Kita bersyukur bahwa dalam rentan waktu 3 bulan sejak saya menjabat selaku Bupati, saya telah melakukan berbagai terobosan yang dapat dirasakan langsung oleh semua,pemangku kepentingan termasuk masyarakat luas, “jelasnya.

Apalagi, dengan mengusung
motto Kerja Cepat, Kerja Cerdas dan Kerja Profesional dirinya  telah
menginstruksikan agar motto ini diintegrasikan dalam wujud kerja nyata,yang dikelola oleh seluruh organisasi perangkat daerah dan badan-badan,lainnya yang  bentuknya.

” Saya bersyukur instruksi saya dapat ditindaklanjuti dengan baik, meskipun masih terdapat kekurangan dan kendala saat pelaksanaannya. Kunci dari kesuksesaan yang kita capai sampai akhir tahun 2022 adalah komunikasi, koordinasi dan kolaborasi,”tandasnya.

Mantan pejabat di Kementerian PUPR ini menegaskan, jika unsur pemangku kepentingan dapat bersinergi dengan baik, termasuk dukungan dan partisipasi masyarakat yang luar biasa, maka dirinya  optimis negeri Pamahanusa akan semakin maju, mandiri dan sejahtera.

“Kita menyambut tahun baru 2023 dengan rasa optimisme yang tinggi. Harapan kita tahun 2023 akan terjadi perubahan besar disegala aspek kehidupan masyarakat. Untuk mewujudkan perubahan itu, maka sejumlah masalah serius harus kita selesaikan secara bersama-sama,”imbuhnya.

Salah satunya yaitu beragam konflik sosial yang masih terjadi disejumlah lokasi. “Jika kita tidak berdamai dan hidup rukun, akan sangat berdampak
terhadap agenda percepatan pembangunan, sehingga pada akhirnya masyarakat yang harus menanggung beban kerugian tersebut,”tegasnya.

“Saya berharap di tahun baru ini, kita lebih objektif dan rasional dalam menyikapi setiap peristiwa yang terjadi di kalangan masyarakat. Kita harus arif dan bijaksana untuk memilah setiap masalah yang menjadi pemicu konflik jika itu sifatnya personal agar tidak dikelola menjadi konflik komunal,”harapnya.

Untuk itu, Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an Provinsi Maluku mrngigatkan, agar hindari diri dari provokasi dan hasutan yang justru akan merugikan kita semua. “Untuk itu melalui perayaan natal ini, saya berharap umat Kristen semakin bertumbuh dalam iman yang teguh,”ujarnya.

“Jadikan Yesus Juruselamat itu
sebagai teladan dalam tutur kata, sikap dan perbuatan. Untuk semua pihak yang hadir saat ini, Bapak/Ibu/Saudara adalah para
tokoh yang memiliki pengaruh di masyarakat,”tambah dia.

Untuk itu, dirinya minta agar
Bapak/Ibu/Saudara nesti menjadi problem solver bukan menjadi problem maker.” Berikanlah penguatan dan edukasi kepada masyarakat agar konsentrasi masyarakat lebih diarahkan untuk kegiatan yang produktif dan membawa perubahan kesejahteraan ekonominya. Selain itu angka kemiskinaan terutama kemiskinan ekstrim di kabupaten yang kita cintai ini masih relatif cukup tinggi,”ingatnya.

Diharapkan, ditahun 2023 ini harus bekerja dengan komitmen yang tinggi serta hati yang tulus guna mengurangi angka kemiskinan melalui program pemberdayaan yang tepat sasaranserta kebijakan strategis lainnya. “Jika masyarakat kita layani dengan baik, kita berikan asupan yang bergizi, memenuhi apa yang menjadi kebutuhandasar masyarakat, saya yakin masyarakat kita akan hidup tenang dan bahagia,”katanya.

Apalagi dia kembali mengigatkan, Natal selalu menjadi sarana  berbagi kasih dan berkat.” Dalam Safari Natal Gerakan Sapa Umat ini, saya berkenan akan menyalurkan sejumlah
bantuan bagi janda, anak yatim piatu dan masyarakat miskin ekstrim. Saya
berharap saudara-saudara dapat menerima bantuan ini dengan sukacita dan memanfaatkannya dengan baik untuk menunjang kehidupan ekonomi
keluarga,”terangnya.

Tak ketinggalan, Marasabessy akrab disapa Pak Matt menyampaikan pesan Kasih Gubernur Maluku, Irjen Pol (Purn) Drs Murad Ismail.”Di hari yang penuh sukacita ini, saya ingin menyampaikan salam kasih
Bapak Gubernur Maluku beserta istri Ibu Widya Murad Ismail yang selalu
konsisten dan penuh dedikasi yang tinggi mencurahkan tenaga dan pikiran untuk kemajuan daerah ini. Mari kita berikan apresiasi atas kerja-kerja beliau yang begitu luar biasa untuk Maluku tercinta,”bebernya.

” Banyak hal akan kita
alami di Kabupaten ini untuk tahun ini dan tahun-tahun kedepannya, terutama ketersediaan aksestabilitas untuk mempercepat distribusi barang dan jasa. Kita doakan agar Bapak Gubernur, Istri dan Keluarga tetap dalam lindungan Allah SWT,”ucapnya.

Selain itu, lanjut dia,, berbagai keberhasilan pembangunan di Maluku Tengah selama tahun 2022 berkat dukungan seluruh komponen masyarakat.  Untuk itu dari hati yang terdalam dirinya  ingin menyampaikan terima kasih kepada Sekda, para asisten, staf ahli dan Rekan-rekan OPD, Para Camat, serta seluruh staf. Jajaran TNI/POLRI dalam wilayah administrasi pemerintahan Maluku Tengah. Pimpinan Lembaga Umat Beragama, Para Latupati/Kepala Pemerintahan Negeri, pengurus dan anggota ORMAS, OKP dan LSM
Rekan-rekan Pers dan semua pihak yang telah memberikan tenaga, pikiran dan waktu untuk bersama-sama menata dan membangun Kabupaten ini.

“Secara khusus kepada Sinode GPM, Pimpinan Klasis dan Pimpinan Jemaat atas dukungan yang sangat luar biasa dalam membantu percepatan sejumlah masalah sosial di Kabupaten ini, termasuk partisipasinya dalam kegiatan Safari Natal. Saya berdoa, semoga Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasi melimpahkan berkahNya untuk kita semua, dan Allah berkenan menuntun langkah kita melangkah di Tahun 2023 dengan keyakinan bahwa hanya didalamNya ada kasih, sukacita, damai sejahtera,”pungkasnya.

Hadir pada kesempatan itu, Ketua Sinode GPM, sejumlah tokoh agama, Forkopimda Malteng, Sekda Malteng, pimpinan OPD Pemkab Malteng, sejumlah anggota DPRD Malteng dan tamu undangan lainya. (DM-01)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *