Connect with us

Ragam

Pantau Harga Kebutuhan Pokok di Kota Ambon, Ini Hasilnya

Published

on

DINAMIKAMALUKU.COM, AMBON-Harga kebutuhan memasuki momentum keagamaan biasanya merangkak naik. Akibatnya, meresahkan masyarakat terutama warga yang hendak merayakan hari keagamaan.

Karenanya, bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag)  Kota Ambon melakukan pemantauan stok dan kestabilan harga kebutuhan pokok.

“Petugas rutin memantau harga dan stok kebutuhan pokok agar stabilitas harga terjaga, dan stok mencukupi, ” kata Kepala Disperindag  kota Ambon, Jhon Slarmanat kepada awak media, Senin (4/4/2022).

Jhon mengatakan, pemantauan dilakukan untuk memastikan ketersediaan sejumlah kebutuhan dan kestabilan harga kebutuhan pokok.

“Memasuki Ramadhan dan hari raya keagamaan akan terjadi kenaikan harga, tetapi ada dua hal yang penting yaitu kita memastikan ketersediaan barang pokok dan stabilitas harga dapat terjangkau oleh masyarakat, ” katanya.

Pihaknya terus melakukan pengawasan dengan mengecek ke distributor, gudang pangan, pasar swalayan dan pasar tradisional untuk memastikan ketersediaan bahan pokok.

“Hasilnya, ketersediaan bahan pokok seperti minyak goreng, gula dan telur masih dapat terjangkau oleh masyarakat,”terangnya.

Tak hanya itu, untuk stok dan harga minyak goreng, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan 17 distributor di Kota Ambon dan lima gerai modern.

“Sementara hasil pertanian cenderung bergerak naik seperti cabai rawit merah mencapai Rp90 ribu per Kilo gram dari sebelumnya Rp75bribu hingga Rp 80 ribu per Kilo gram,”rinci Jhon.

Selain itu, lanjut dia, komoditi lainnya seperti buncis juga mengalami kenaikan harga Rp60 ibu per Kilo gram.”Kenaikan harga komoditi pertanian dikarenakan sentra produksi di luar kota Ambon serta faktor cuaca,” pungkasnya.(DM-01)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *