Connect with us

Ragam

Pekan Kebudayaan di Banda,  Kepala BPNB : Potensi Budaya Luar Biasa

Published

on

DINAMIKAMALUKU.COM, AMBON-Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Provinsi Maluku, menggelar Pekan Kebudayaan Nasional di Pulau Banda, Kabupaten Maluku Tengah, 19 November hingga 26 November 2021.

Kepala BPNB Provinsi Maluku, Rusli Manorek menjelaskan, dalam pekan kebudayaan nasional diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya dialog budaya dan juga pameran.

“Kegiatan yang kami laksanakan di Banda dari tanggal 19-26 November 2021. Kegiatan baik itu dialog budaya, pameran maupun penutupan pekan kebudayaan nasional oleh Dirjen Kebudayaan. Kami melihat Banda itu sangat luar biasa dan memiliki potensi budaya yang sangat luar biasa, kekayaannya baik itu situs peninggalan, lingkungan alam, kuliner maupun kebudayaan-kebudayaan lainnya,”kata Manorek kepada awak media, Jumat (3/11/2021).

Dia mengaku, pihaknya kerja sama dengan sekolah tinggi Hatta-Syarir melakukan dialog budaya,” Kegiatan ini untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat dan juga peserta dialog buadaya bahwa Banda memiliki potensi yang luar biasa untuk kita lestarikan,” jelasnya.

Kegiatan ini dikemas dalam Tema ‘Banda Identitas Budaya Dalam Implementasikan Memajukan Kebudayaan’. Tema ini dimaksudkan bahwa memajukan kebudayaan Banda ini bukan hanya dilihat dari sisi kebudayaan itu sendiri tetapi banyak hal seperti berbagai peninggalan, lingkungan alam, kuliner dan juga tanaman pohon pala yang menjadi primadona ketika itu.

Selain itu, BPNB juga lakukan pameran tentang jalur rempah yang mana kajian-kajiannya sudah dilakukan, yang semuanya didokumentasikan dan dipamerkan.

Lebih lanjut kata Manorek, puncak acara penutupan pada 26 November ini selain ditutup oleh Dirjen Kebudayaan RI tetapi juga dihadiri oleh Ibu Sekjen. Dan pada saat itu dilakukan pemutaran disitu film Banda dari dekat.

“Kenapa kita memutar filem karea kita ingin memperlihatkan lagi potensi-potensi dan merenungkan ketika itu visi Banda dan bagaimana kedepannya. Film ini tentunya memberikan motivasi pentingnya kita menjaga kelestarian Banda. Sekjen juga memberikan apresiasi dalam sambutannya,” jelas dia. (DM-01)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *