Connect with us

Politik

PKB “Jagokan” Murad-Elifas, Pilgub Maluku Mulai Memanas

Published

on

DINAMIKAMALUKU.COM, AMBON-Meski Pemilihan Gubernur (Pilgub) Maluku, baru digelar 2024 mendatang, suhu politik menjelang “pesta”demokrasi lokal lima tahunan itu, mulai memanas, setelah sejumlah figur mulai digadang-gadang kelompok masyarakat maupun partai politik, bakal berlaga di Pilgub Maluku.

Sebelumnya, Barnabas Orno (Wakil Gubernur) didukung internal kader PDIP kembali berpasangan dengan Gubernur Maluku, Murad Ismail, sebagai Wakil Gubernur Maluku. Beberapa waktu lalu Herman Koedoeboen juga didorong berpasangan dengan Gubernur Maluku, Murad Ismail, sebagai bakal calon (balon) Wakil Gubernur Maluku. Sejumlah figur seperti Jefri Rahawarin sebagai balon Gubernur digadang berpasangan dengan Ramli Umasugy maupun Abdullah Tuasikal, sebagai balon wakil Gubernur. Ada juga nama Febri Calvin Tetelepta digadang berpasangan dengan Abdullah Tuasikal, sebagai balon Gubernur dan wakil gubernur.

Kali ini Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB, mulai terang-terangan menjagokan dan bakal merekomendasikan Gubernur Maluku, Murad Ismail berpasangan Ketua Sinode GPM, Pdt Elifas Maspaitella, merebut kursi Gubernur atau Wakil Gubernur Maluku. Orang pertama didaerah ini dan  orang pertama di Sinode GPM itu diusulkan saat Musyawarah Kerja Wilayah (Mukerwil) PKB Maluku, di Swisbel Hotel,  medio Mei 2022 mendatang.

Sekretaris DPW PKB Provinsi Maluku, Fahrudin Hayoto mengatakan, Mukerwil PKB Provinsi Maluku,  di hadiri 11 DPC PKB  se-Maluku.   Tak hanya disitu, Mukerwil DPW PKB Maluku, akan mengevaluasi pelaksanaan Rencana Strategi (Renstra) 2021 dan 2022.”Selain itu Mukerwil juga akan  merekomendasikan pokok-pokok pikiran kepada Pemerintah Daerah Provinsi Maluku, terkait persatuan  Maluku , pembangunan ekonomi, dan program pengentasan kemiskinan serta Pilot proyek strategis nasional untuk Maluku,”kata  Hayoto, dampingi Ketua DPW PKB Maluku Basri Damis, kepada wartawan di Ambon,  Rabu (27/4/2022).

Tak hanya disitu, Hayoto menyatakan, saat Mukerwil pihaknya mulai pasang “kuda-kuda” menyambut pemilu legislatif dan Pilkada 2024  mendatang, pihaknya akan merekrut bakal calon anggota DPRD Kabupaten dan kota serta provinsi.” Insyah Allah tahun ini, rekrutmen bakal calon anggota dewan, rampung. Sedangkan  menyambut  Pilkada 2024  mendatang, Mukerwil DPW PKB Maluku nanti  merekomendasikan bakal calon (balon) Gubernur Maluku dan balon calon wakil Gubernur dalam Pilkada 2024, yakni H.Murad Ismail  sebagai Calon Gubernur dan pendeta Elifas T  Maspaitella,   sebagai calon Wakil Gubernur,”bebernya.

Menurut Fahrudin Hayoto, PKB  rekomendasi Murad-Elifas, karena H.Murad Ismail adalah pemimpin yang ideal saat ini untuk Maluku dan perlu di berikan ruang untuk melanjutkan kemimpinan periode ke dua.  “Sedangkan Pendeta Elifas T Maspaitella,  adalah   tokoh agama, yang dalam hal ini sebagai Ketua Sinode GPM di  anggap layak untuk mendampingi H.Murad Ismail untuk  periode kedua,”tegasnya.

Menurut dia, pihaknya mendukung Murad-Maspaitella, untuk menghindari polarisasi lewilayahan. Hal ini, sebut dia, karena Maluku sangat luas dan terdiri dari ribuan pulau. “Dikotomi wilayah tidak perlu terjadi dalam perlehatan Pilkada Gubernur nanti. Murad-Elifas, adalah kombinasi yang ideal dan mampu menjadi simbol  persaudaraan sejati di Maluku,” terang Hayoto.

Intinya, lanjut dia,  Murad-Elifas, sangat cocok untuk menjawab semua tantangan Maluku,  ke depan yang semakin kompleks dan kompetitif.

Selain itu,  lanjut Hayoto, Mukerwil DPW PKB Provinsi Maluku,  merekomendasikan kader internal dan eksternal  sebagai bakal calon Bupati  dan Walikota, di Pilkada Kabupaten/Kota se-Maluku.

Untuk Pilkada  Maluku Tengah 2024 mendatang, Mukerwil PKB Maluku, merekomendasikan dan menyiapkan 4 kader terbaik sebagai bakal calon Bupati, yakni Habiba Pelu,MSi ,Ruslan Hurasan Msi, Mohamad Syukri Wailisa dan M.Rani Tualeka.

Untuk Pilkada Kabupaten Buru, yakni Ketua DPC PKB Kab.Buru  Ikram Umasugi,SE  , Untuk Pilkada Kab Seram Bagian Barat Yakni Mustafa Nasir  sebagai Calon Bupati Kab.Seram Bagian Barat  dan untuk pilkada Kab.Kepulauan Aru PKB Merekomendasikan Ketua Dewan Syuro Dpc PKB Kabupaten Kepuluan Aru  Timotius Kaidel

Pilkada Kabupaten MBD, Mukerwil merekomendasikan, Benjamin Noach sebagai calon Bupati MBD, sedangkan Pilwakot Kota Ambon,  PKB  merekomendasikan 4 Figur yakni, Prof Dr  M. J  Sapteno (Rektor Unpatti) , Marthen Maspaitella (akademisi UKIM), Agus Ririmase (Sekkot Ambon)   dan kader Internal  PKB, M.Asmin Matdoan.

Pilwakot Tual,   Mukerwil PKB  Merekomdasikan,  Usman Tamnge dan Mumin Refra. Pilkada Kabupaten Buru Selatan, yakni  Safitri Malik Soulisa  

Ketua DPW PKB Maluku, Basri Damis  menyatakan, insrastruktur PKB Maluku, telah Siap menghadapi tahun politik 2024 mendatang.”  Alhamdulilah 118 Dewan Pimpinan Anak Cabang (DPAC) PKB Se-Maluku telah menyelesaikan Musancab dan struktur kepengurusan tingkat DPAC Kecamatan  sudah rampung dan Renstra tahun 2022 yang akan di bahas pada Mukerwil nanti,”kata Damis.

Dia optimis, struktur   pengurus ranting di tingkat 1235 desa/kelurahan akan rampung.  “PKB Maluku, telah siap memenangkan Gus Muhaimin untuk Presiden 2024 dan siap memenangkan Pileg dan Pilkada baik Pilkada Gubernur Maupun Pilkada Kabupaten/Kota Se-Maluku. PKB Maluku telah siap menghadapi tahun Politik 2024 mendatang,”tegas Damis.(DM-01)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *