Connect with us

Hukum

Polairud Polda Maluku Patroli di Zona Konservasi Laut Banda

Published

on

DINAMIKAMALUKU.COM, AMBON-Direktorat Polairud Polda Maluku mengerahkan Kapal Polisi XVI-1005 untuk melakukan patroli bersama di daerah zona konservasi laut Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Minggu (24/7/2022).

Patroli yang digelar di daerah zona konservasi laut Banda dilakukan bersama Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Ambon, dan instansi terkait lainnya.

“Hari ini KP.XVI-1005 melakukan kegiatan operasi patroli hari ke-5 bersama pengawasan PSDKP dan instansi terkait di daerah Zona konservasi laut Banda,” ungkap Direktur Polairud Polda Maluku, Kombes Pol Rosyid Harun, SIK.

Operasi bersama dilakukan untuk memantau, sekaligus menghimbau dan membina masyarakat nelayan yang menangkap ikan di area zona konservasi.

“Kami mengingatkan masyarakat agar tetap memperhatikan atau menggunakan alat penangkapan ikan yang ramah lingkungan. Juga menggunakan alat penangkapan ikan yang tidak mengganggu kehidupan terumbu karang dan laut,” ungkapnya.

Selain mengerahkan tim di laut Banda, Rosyid mengaku pihaknya juga menggelar patroli pengawasan di perairan Masohi, kecamatan Seram Utara Timur Kobi, pelabuhan rakyat pantai timur Dobo dan pelabuhan Tulehu.

“Tim yang dikerahkan senantiasa mengingatkan masyarakat nelayan agar selalu memperhatikan alat keselamatan saat melaut, dan memperhatikan cuaca,” ujarnya.

Di Masohi, Kabupaten Maluku Tengah, dikerahkan KP.XVI-2007. Di sana, tim juga melakukan pembagian masker, dan menghimbau warga agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Kita himbau warga agar tetap menggunakan masker, menjahui keramaian, selalu mencuci tangan,” katanya.

Sementara di kecamatan Seram Utara Timur Kobi, Kabupaten Maluku Tengah, tim yang dikerahkan yaitu KP.XVI-2005. Bagi personil beragama Kristen, sekaligus mengikuti ibadah di gedung gereja Irene Dusun Sadar.

“Personil KP.XVI-2005 juga melaksanakan bakti sosial bersama warga masyarakat Desa Kobisadar membersihkan jalan yang merupakan akses utama menuju Dermaga Kobi dan desa-desa pesisir di kecamatan Seram Utara Timur Kobi.

Di pelabuhan pantai Timur Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, tim yang melakukan pengawasan yaitu dari KP. Teluk Ambon XVI-3002. Tim ini juga melakukan pembagian masker dan menghimbau warga agar tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Begitu pula di pelabuhan Tulehu, tim yang dikerahkan yaitu KP.XVI-2013. Tim ini menghimbau masyarakat maupun para nahkoda agar selalu memperhatikan keselamatan pelayaran,” pungkasnya.(DM-01)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *