Connect with us

Hukum

Polda Maluku “Marathon” Gelar Pengaturan dan Sosialisasi Lalu Lintas

Published

on

DINAMIKAMALUKU.COM,AMBON-Kepolisian Daerah Maluku, “marathon” melaksanakan operasi Keselamatan Salawaku 2022. Pengaturan lalu lintas di daerah rawan macet dan sosialisasi terkait kamseltibcar lantas terus mewarnai operasi tersebut.

Kali ini, operasi kepolisian terpusat di tengah pandemi covid-19 ini digelar di pertigaan Parigilima, Pelabuhan Yos Sudarso, dan Gong Perdamaian Dunia, Selasa (8/3/2022).

Operasi Keselamatan Salawaku melibatkan berbagai Satuan Kerja di Polda Maluku. Diantaranya Direktorat Lalu Lintas, Bidang Propam, Dokkes, Humas, TIK, dan Direktorat Intelkam Polda Maluku. Mereka terbagi dalam tiga kelompok, yaitu Satuan Tugas (Satgas) Preventif, Preemtif dan Deteksi.

Kegiatan selama 14 hari yang bertujuan untuk menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas itu dipimpin oleh Kompol Thomy Siahaya.

“Dalam melaksanakan tugas personil di lapangan harus tetap mengedepankan protokol kesehatan, selalu menjaga jarak dan tetap memakai masker, selalu humanis kepada masyarakat,” pinta Kompol Thomy sebelum mengerahkan personel melakukan operasi tersebut.

Dalam kegiatan ini, pengendara motor terus diingatkan untuk selalu mengenakan pengaman kepala atau helm standar SNI, tidak berboncengan lebih dari 2 orang, karena akan membahayakan keselamatan jika terjadi kecelakaan lalu lintas.

“Kami juga mengingatkan kepada pengemudi agar tidak mengangkut barang atau penumpang melebih kapasitas  atau larangan Truk Odol (Over Dimensi Over Loading),” katanya.

Selain memberikan sosialisasi terkait keselamatan di jalan raya, aparat gabungan Polda Maluku ini juga mengingatkan masyarakat akan pentingnya penerapan protokol kesehatan covid-19.

“Kami juga tidak henti-hentinya mengajak pengendara bermotor dan masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan. Kami juga terus membagikan masker sebagai langkah penanggulangan dan pemutusan mata rantai penularan covid-19,” jelasnya.

Untuk diketahui, sebelum dikerahkan menjalankan tugas, setiap personel terlebih dahulu melaksanakan pengecekan kesehatan yang dilakukan oleh Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Maluku.

Tim menyasar tempat keramaian seperti sejumlah pangkalan ojek dan beberapa lokasi yang dianggap rawan kemacetan di sejumlah ruas jalan di ibukota provinsi Maluku ini.

Tak hanya itu, tim juga melaksanakan langkah Preemtif dengan memberikan sosialisasi baik secara langsung maupun melalui spanduk, serta pembagian masker kepada masyarakat dan di beberapa pangkalan ojek.(DM-01)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *