Connect with us

Ragam

Proyek Jembatan Mangkrak, Warga Buat Jembatan Darurat Hubungkan Keli-Wulur

Published

on

DINAMIKAMALUKU.COM, AMBON-Sejumlah desa di pulau Damer, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), masih terisolir. Ini karena aktivitas masyarakat setempat menggunakan moda transportasi laut seperti Speddboat dan transportasi laut lainya untuk menjangkau desa-desa didaerah itu.

Sementara akses darat belum ada aktivitas pembangunan jalan dan jembatan untuk menghubungkan desa-desa di Pulau Damer. Meski begitu, sekitar 2014 lalu, pemerintah kabupaten MBD melalui salah satu kontraktor lokal mengerjakan Jembatan darat menghubungkan Desa Keli dan Desa Wulur. Hanya saja belum diketahui penyebab proyek yang ditaksir miliaran rupiah itu mangkrak. Padahal, Jembatan yang diharapkan menghubungkan dua desa bertetangga itu sudah dikerjakan sekitar 40 sampai 50 persen. “Meski jembatan itu belum selesai kami tetap melewati meski berisiko tinggi. Ini karena seng ada akses lain selain lewat laut dari dan ke Desa Keli maupun Desa Wulur,”kata Mathen, warga Damer, ketika berbincang-bintang dengan DINAMIKAMALUKU. COM, Rabu (13/4/2022).

Akibatnya, warga setempat terpaksa dengan sukarela mengerjakan Jembatan Darurat untuk dilewati sementara.”Katong buat jrmbatancdarurat ini agat bisa dilewati dengan baik. Kalau lewat Jembatan yang belum selesai sangat beresiko terjadi kecelakaan karena harus pegang besi yang ditancapkan di proyek Jembatan itu.
Kami apresiasi Pak Kades Wulur dan Pak Kades Keli dan warga yang sudah mengerjakan Jembatan darurat untuk menghubungkan Desa Keli dan Wulur,”terangnya.

Untuk itu, dia berharap, pemerintah Kabupaten MBD segera membangun jembatan yang mangkrak. Kata dia, masyarakat sangat kesulitan jika beraktivitas didua Desa itu. Apalagi, ingat dia, diantara dua desa itu ibukota Kecamatan Damer.”Ini agar aktivitas masyarakat berjalan baik. Kami harap jembatan itu segera dikerjakan jangan biarkan mangkrak dan membahayakan warga,”ingatnya.(DM-02)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *