Connect with us

Ragam

Ritual di IKN, Gubernur Maluku Serahkan  Tanah & Air dari Anyaman Daun dan Batok  Kelapa

Published

on

DINAMIKAMALUKU.COM, AMBON-Gubernur Maluku, Murad Ismail, bersama 33 Gubernur lainya menyerahkan tanah dan air  dari daerah masing-masing untuk disiram
di satu gentong di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Senin (14/3/2022).

Sesuai live streaming biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Satu per satu Gubernur bergiliran membawakan tanah dan air dari daerah masing-masing untuk diserahkan kepada Presiden Joko Widodo, untuk disiramkan dalam satu wadah  gentong.

Ini dilakukan untuk melambangkan kearifan lokal dari masing-masing Provinsi yang disatukan dengan tanah dan air yang melambangkan Nusantara dari Sabang Sampai Merauke. “Itu menandakan mewakili seluruh tanah air Indonesia,”kata pembawa acara.

Tampak  giliran Gubernur Maluku, Murad Ismail dipanggil. Dia menyerahkan tanah dan air. Belum diketahui tanah dan air diambil untuk dibawah ke IKN Nusantara. Namun, menariknya, tanah yang dibawah Gubernur Murad Ismail, ditaruh di anyaman daun kelapa. Begitu juga air yang dibawa orang pertama di daerah ini diisi Batok Kelapa. Anyaman Daun kelapa dan Batok Kelapa biasanya dipakai masyarakat di Maluku untuk membawa hasil perkebunan dan persediaan air selama bertani atau berkebun.(DM-02)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *