Connect with us

Ekonomi

SDA Melimpah, Pemkab Malteng Fokus Peningkatan SDM, Pj Bupati : Ini Arahan Gubernur

Published

on

MASOHI,DM.COM,-Potensi Sumber Daya Alam (SDA) di Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) sangat melimpah. Namun, belum dikelola secara baik, sehingga Pemerintah setempat, saat ini gencar bangun kerjasama untuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) demi peningkatan kesejahteraan masyarakat di bumi Pamahanunusa.

Potensi SDA di Malteng, disektor Pertanian, perikanan dan sejumlah sektor lainya. Bahkan, saat ini SKK Migas baru menemukan potensi minyak dan gas di Seram Utara, yang di prediksikàn bisa melebihi potensi Migas di Blok Masela.

Untuk itu, Pemkab Malteng, saat ini mulai bangun kerjasama dengan instansi terkait, bahkan dengan organisasi tempat bernaung para intelektual dan akademisi untuk meningkatkan kapasitas aparatur dan masyarakat didaerah itu. Buktinya, Pemkab Malteng, baru saja melakukan kesepakatan kerjasama peningkatan SDA dan penelitian dengan Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Alumni Universitas Pattimura (DPP IKAPATTI).

“Jadi ini sesuai arahan Pak Gubernur Maluku. Memang selain kerjasama dengan IKAPATTI, kita juga sudah kerjasama dengan beberapa instansi lainya,”kata Penjabat Bupati Malteng, DR Muhamat Marasabessy, SP, ST, M.Tech, kepada awak media usai melakukan penandatanganan kerjasama dengan IKAPATTI di lantai II Kantor Bupati Malteng, Rabu (22/2/2023).

Marasabessy yang juga Ketua Umum DPP IKAPATTI ini mengaku, kerjasama yang dijalin bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat didaerah itu. “Sehingga sumber daya manusia yang kami siapkan kedepan itu, untuk meningkatkan kapasitas. Kita  juga akan kerjasama dengan perguruan tinggi yang ada. Nanti para dosennya kita pakai. Kita akan meningkatkan kapasitas mereka dan dibiayai oleh daerah,”terangnya.

Menurut, koordinator Balai-Balai Kementerian PUPR di Provinsi Maluku ini kerjasama antara Pemkab Malteng dengan IKAPATTI untuk pengembangan sumber daya manusia dan penelitian. “Memang potensi kami di Malteng luar biasa dan kita lihat di semua aspek. Ada potensi perikanan, potensi pertanian, kita juga menemukan Minyak dan Gas abadi di Seram Utara,”bebernya.

Untuk itu, lanjut mantan Kepala Balai Wilayah Sungai Maluku ini, pihaknya sangat berkepentingan untuk menyiapkan sumber daya manusia mulai dari sekarang untuk menyambut potensi SDA yang ada. “Intinya, bagaimana menjawab potensi-potensi yang ada. Mulai dari perencanaan dan bagaimana dilakukan evaluasi serta monitoring,”jelasnya.

Diakui, Kadis PUPR Provinsi Maluku ini, kerjasama yang terjalin  utamanya adalah  demi kepentingan masyarakat untuk peningkatan ekonomi. “Yang mana sekalipun sekarang perekonomian semakin hari semakin baik. Namun, dengan adanya kerjasama ini kami harapkan ada peningkatan kesejahteraan masyarakat di Malteng yang lebih baik lagi. Dengan kerjasama ini kami akan arahkan kepada OPD-OPD yang ada terutama para pimpinan OPD,”ingatnya.

Lantas, kapan berkunjung ke Seram Utara untik melihat potensi Perikanan, Pertanian dan Migas didaerah itu.”Saya akan rencana kunjungan kerja ke sana pekan depan. Saya kebetulan ada beberapa kegiatan, ada panen ikan. Ada juga kegiatan dibidang Pertanian. Kita akan panen padi dan kedelai,”pungkasnya.(DM-01).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *