Connect with us

Politik

Sesepuh : Eloknya Wagub Mundur dari PDIP

Published

on

DINAMIKAMALUKU.COM, AMBON-Keinginan Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno, mundur dari PDIP, disambut baik sesepuh partai besutan Megawati Soekarno Putri itu. Orno, disarankan segera mengajukan permohonan mundur sebelum dipecat oleh DPP PDIP.

“Pak Wagub, mesti sportif, elegan mundur dari PDIP, politisi yang juga pemimpin di Maluku. Jadi beliau bukan politisi saja, tapi pemimpin di Maluku, sebagai Wagub,”harap salah satu sesepuh PDIP, Nicolaus Rahalus, kepada Kabar Timur, Ravu (28/10).

Harapan Rahalus, sekaligus menyikapi pernyataan, Orno kepada awak media, Jumat (23/10). Ketika itu, Orno, yang juga mantan Bupati MBD pertimbangkan mundur dari PDIP, setelah rencana turun gunug kampanye nagi adiknya Odie Orno, mencalonkan diri merebut kursi wakil bupati MBD, yang berpasangan dengan Niko Kilikily.”
Sebaiknya, sebelum Pak Wagub, turun kampanye bagi Niko Kilikily-Odie Orno, mengajukan pengunduran diri dulu dari PDIP. Kalau mau mundur, silakan buat surat pengunduran diri, sebelum turun kampanye. Kalau tidak, sementara kampanye surat pemecatan dari DPP PDIP keluar tidak elok juga. Kalau mau mundur silakan agar sama-sama enak,”ingatnya.

Tujuanya, kata mantan Bendahara DPD PDIP Maluku itu agar tidak ada ruang yang abu-abu. “Harus klir dimana kita berdiri. Enak juga buat beliau. Enak juga buat PDIP. Jadi eloknnya, Pak Wagub, segera mundur dari PDIP,”desak Rahalus.

Terpisah, salah sesepuh PDIP, Evert Kermite, ikut menyikapi keinginan Orno mundur dari PDIP, agar leluasa kampanye buat adiknya Odie Orno.”Ada konsekwensianya. Sebab, yang bersangkutan diajukan sebagai calon Wagub dan terpilih dari PDIP. Sebagai seorang sesepuh partai sangat menyesalkan sikap bersangkutan niat mundur. Itu berarti menghianati hati nuraninya,”kata Kermite, kepada DINAMIKAMALUKU, RABI (28/10).

Dia menuturkan, Orno tidak dipaksa masuk PDIP. Namun, ingat dia, konsekwensi politiknya berdampak bagi posisinya sebagai Wagub. Untuk itu, dia berharap, setelah Orno mengajukan surat pengunduran diri, segera ditindaklanjuti.”Saya minta Ketua DPD Maluku, yang juga Gubernur Maluku, jika yang bersangkutan ajukan surat pemgunduran diri segera ditindaklanjuti,”harapnya.

Sebelumnya, kepada awak media, Orno mengaku, posisinya saat ini karena PDIP. Namun, karena desakan dan polimik diinternal PDIP, dirinya mempertimbangkan mundur dari partai itu.’Saya sangat menghargai dan hormat. Saya jadi seperti ini karena ada di PDIP. Agar tidak ada polemik, dan masalah diinternal partai, saya lagi pertimbangkan, mengajukan pengunduran diri sebagai anggota PDIP,”kata Orno.(DM-01)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *