Connect with us

Parlemen

Soal Penjabat Kepala Daerah, Wenno : Publik Wajib Tahu Siapa yang Diusulkan

Published

on

DINAMIKAMALUKU.COM, AMBON-Wakil Ketua Komisi I DPRD Provinsi Maluku, Jantje Wenno berharap, Gubernur Maluku, Murad Ismail, segera mengusulkan masing-masing tiga nama calon Penjabat Bupati dan Walikota di tiga kabupaten dan satu kota di Provinsi Maluku. Sebab, masa jabatan Bupati dan Walikota, berakhir 22 Mei 2022 mendatang.

Ini setelah surat dari Direktur Jenderal Otonomi Daerah, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)  meminta Gubernur di daerah yang Bupati dan Walikota, masa tugas berakhir 22 Mei 2022 mendatang, agar segera mengusulkan penjabat Bupati dan Walikota ke Kemendagri.

Dikatakan, surat Kemendagri  nomor 131/2388/OTDA perihal penugasan penjabat kepala daerah yang ditandatangani Dirjen OTDA, Akmal  Malik, dalam poin 2 menyebut, untuk mengisi kekosongan jabatan Bupati dan Walikota yang berakhir masa jabatanya pada tahun 2022, Gubernur diminta mengusulkan tiga nama calon Penjabat Bupati dan Walikota sebagai bahan pertimbangan Mendagri untuk menetapkan Penjabat Bupati dan Walikota.

“Jadi dalam Surat Kemendagri itu usulan Penjabat Bupati dan Walikota paling lambat 30 hari kerja sebelum masa berakhirnya jabatan Bupati-Wakil Bupati dan Walikota-Wakil Walikota. Jadi mestinya 22 April 2022 lalu, Gubernur sudah harus mengusulkan tiga nama sebagai  Penjabat Bupati dan Walikota,”kata Wenno, kepada awak media, Senin (25/4/2022).

Apalagi, ingat politisi Perindo dari daerah pemilihan Kota Ambon ini, DPRD di tiga kabupaten dan satu Kota, telah menggelar rapat paripurna pengusulan pemberhentian kepala daerah dan sudah diusulkan ke Pemprov Maluku.”Jadi sudah harus segera diusulkan ke Kemendagri,”harapnya.

Ketua Fraksi Perindo Amanah Berkarya ini berharap, nama-nama birokrat yang menjadi pimpinan pratama yang diusulkan mesti disampaikan ke masyarakat.”Ini agar publik juga tahu siapa yang menjabat di Kota dan tiga kabupaten. Minimal mereka bisa tahu siapa yang bakal menjadi pemimpin mereka. Publik harus tahu nama mereka agar memenuhi unsur keterbukaan informasi publik,”ingat Wenno yang digadang bakal merebut kursi Walikota Ambon.

Sekedar tahu, tiga Bupati dan satu Walikota bersama wakil mereka yang masa tugas berakhir yakni, Bupati dan Wakil Bupati Buru, Ramli Umasugy-Amus Besan, Bupati Seram Bagian Barat (SBB), Thimotius Akerina, Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan  Tanimbar (KKT), Petrus Fatlolon-Agustinus Utuwaly dan Walikota dan Wakil Walikota Ambon, Richard Louhenapessy-Syarif Hadler.

Di Buru,  Ramli sudah dua periode memimpin di bumi Bupolo. Di SBB, Bupati  Thimotius Akerina, baru memimpin di bumi Saka Mese Nusa, setelah Moh Yasin Payapo, Bupati SBB sebelumnya meninggal dunia medio Agustus 2021 lalu.  Sedangkan di KKT, Fatlolon-Utuwaly baru satu periode memimpin daerah yang bertajuk Duan Lolat. Sementara di Kota Ambon, Louhenapessy sudah dua periode memimpin di Kota yang bertajuk Manise ini.

Lantas, siapa pejabat birokrat yang bakal diusulkan jadi Penjabat Bupati dan Walikota ? Di Buru, nama Kepala BKD Provinsi Maluku, Jasmano disebut-sebut berpeluang diusulkan. Bahkan, Jasmono mulai mendapat dukungan dari anggota Komisi I jadi Penjabat Bupati Buru.

Di SBB, nama Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Maluku, Roy Siauta dan Karo Umum Setda Maluku, Afandi Hasanussy . Di KKT, nama Kadis PUPR Provinsi Maluku, DR Muhamat Marasabessy, ST, SP, M. Tech disebut berpeluang diusulkan jadi Penjabat Bupati. Ini setelah Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Maluku, dinilai sukses menggelar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Provinsi Maluku  di KKT, akhir medio Maret 2022 lalu. Selain Marasabessy, nama Sekda KKT, Ruben Morielkosu juga disebut-sebut bakal diusulkan balon Penjabat Bupati KKT.

Sementara di Kota Ambon, sejumlah nama birokrat di sebut-sebut bakal diusulkan menduduki kursi panas yang ditinggalkan Louhenapessy. Mereka adalah, Sekwan DPRD Provinsi Maluku, Bodewin Wattimena, Kadis Pemuda dan Olah Raga Provinsi Maluku, Sandi Wattimena, dan Kadis PUPR Provinsi Maluku, DR Muhamat Marasabessy, ST, SP. M.Tech.(DM-01)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *