Connect with us

Politik

Stok Kader Mumpuni, PDIP Target Rebut Dua Kursi di Dapil “Neraka”

Published

on

DINAMIKAMALUKU. COM, AMBON-Ditengah sejumlah partai politik papan atas dan papan tengah optimis memperbaiki rangking dan kembali merebut kursi DPR RI pada pemilu legislatif 2021 mendatang, tidak membuat PDIP, goyah dan kuatir kursinya direbut parpol lain.

Partai berlambang Banteng Moncong Putih yang dinakhodai Megawati Soekarno Putri itu,
justeru “mengancam” ingin merebut dua kursi sekaligus di daerah pemilihan (Dapil) Maluku yang biasa disebut Dapil “Neraka”. Dapil “Neraka” karena hanya dijatahi 4 kursi DPR RI. Alasanya, partai berciri khas warna merah itu memiliki stok kader yang mumpuni dan sudah teruji.

Sekedar tahu, partai politik yang meraih kursi di pemilu legislatif 2019 lalu, yakni PDIP meriah posisi pertama perolehan suara, diikuti partai NasDem diurutan kedua, PKS diurutan ketiga, dan Gerindra diurutan keempat. Mereka yang terpilih, yakni Mercy Barends (PDIP), Abdullah Tuasikal (NasDem), Saadiyah Uluputty (PKS), dan Hendrik Lewerisa (Gerindra).

Lantas apa saja kiat atau strategi politik kader Banteng menambah satu kursi menjadi dua kursi di dapil Maluku ?. “Tentu parpol lain punya perhitungan yang cermat dan matang. Tapi selama proses reformasi, dan pemilu di era reformasi ini, PDIP tidak pernah absen meraih kursi di DPR RI dari Dapil Maluku,” kata Wakil Ketua DPD PDIP Maluku, Benhur Watubun, kepada DINAMIKAMALUKU.COM, Senin (22/11/2021).

Apalagi, “jago” Banteng; Mercy Barends, dua kali terpilih di Senayan. Masyarakat pasti punya penilaian.”Jadi apakah layak atau tidak, bagus atau tidak. Bagaimana dia ( Mercy) memanfaatkan waktu resesnya berjalan atau tidak turun di lapangan menyapa rakyat atau tidak. Bisa mendistribusikan bantuan kepada masyarakat atau tidak. Nah kalau selama ini tidak dilakukan kita angkat tangan,”ingatnya.

Namun, sebut Ketua Fraksi PDIP DPRD Provinsi Maluku ini, mengaku, Mercy, selama ini konsisten turun ditengah masyarakat menyerap aspirasi dan memberikan bantuan. Atas dasar itu, pihaknya optimis tetap berjaya dalam proses memperjuangkan aspirasi masyarakat di parlemen Senayan di dapil Maluku. “Bukan saja Mercy. Ada sejumlah kader potensial yang cukup mumpuni yang kita siapkan untik memenuhi harapan itu. Dan banyak kader PDIP,”terangnya.

Dia mencontohkan, Bendahara DPD PDIP Provinsi Maluku, Lucky Wattimury, yang saat ini menjabat Ketua DPRD Maluku. Begitu juga dengan Sekretaris DPD PDIP Maluku, Edwin Huwae, saat ini menjabat anggota DPRD Maluku.”Memang mereka (Lucky dan Edwin) dipersiapkan merebut kursi Walikota Ambon. Tapi mereka juga dipersiapkan merebut kursi DPR RI di 2024 mendatang,”jelasnya.

Apalagi, ingat Watubun yang dijuluki ” Singa Parlemen” ini Pilkada serentak digelar medio November 2024 mendatang, sehingga mereka lebih dulu didorong maju merebut kursi PDIP di DPR RI di pemilu legislatif.” Tetapi proses pemilihan legislatif dilakukan sebelum Pilkada. Nah, kader potensial ini kita akan transfer mereka. Jadi itu rencana kita. Soal menetapkan seseorang itu kewenangan DPP PDIP,”jelasnya.

PDIP yang dikenal memiliki stok kader yang mumpuni dan potensial, sedianya dipersiapkan di berbagai posisi di eksekutif dan legislatif. “Kita siapkan mereka diberbagai aras dan tingkatan. Nah tingkatan. Kita bisa lihat dari pola kaderisasi yang paniang. Makanya kalau ada ibu Mercy dan rekan-rekan kader yang lain, untuk mempertahankan posisi kursi DPR RI,”tegasnya.

Tak hanya sesumbar mempertahankan 1 kursi langganan di Senayan selama ini. Namun PDIP justeru diam-diam menargetkan 2 kursi dari 4 kuota kursi di dapil Maluku. “Kita ingin kejar dua kursi. Jadi bukan 1 kursi saja,”tandasnya.

Dia kembali mencontohkan, perolehan suara Mercy di pemilu legislatif 2029 lalu, sangat signifikan. ” Saat itu ibu Mercy memperoleh suara diangkat 88 ribu suara. Itu suara personal. Kita akan dorong dan genjot terus sehingga perolehan suara PDIP bisa 100 ribu lebih. Jadi ibu Mercy kita dorong dapat 1 kursi DPR Ri dan teman 3 caleg yang lain juga berkompetisi untuk mendapat 1 kursi ,di dapil Maluku,”terangnya.

Atas dasar itu, PDIP semakin mantap dan optimis meraih dua kursi, “Kita punya standar untuk menilai kesuksesan kita. Andaikan ini Mercy sendiri caleg juha kami pasti dapat 1 kursi. Itu logikanya. Jadi parpol lain punya akumulasi belum mencapai abgka seperti itu,”ingatnya.

Kendati begitu, dia tidak memandang remeh parpol lain yang berambisi mempertahankan atau menaikan rangking atau kembali merebut kursi DPR RI di Pileg 202r mendatang. “Kita juga dorong teman-teman PKS. Tapi stok kader kami sangat siap. Untuk membuktikan bagaimana kita hatrrik. Kalau parpol lain rekrut caleg sebagai pelengkap saja. Tapi kami tidak,”sebutnya.

Apalagi, lanjut dia, diinternal PDIP persaingan yang cukup hidup dan dinamis serta menciptakan proses demokrasi yang tepat sehingga pihaknya dorong secara baik. “Kami juha ingin mendorong parpol lain. Karena bangun negara memperjuangkan aspirasi masyarakat Maluki di Parlemen kita tidak tampil sendiri, “ujarnya.

Dia mengaku, proses regenerasi terus dilakukan. Dia mengaku, anggota fraksi PDIP DPRD Kota Ambon naik tahta calon anggota DPRD Maluku. Nah, anggota DPRD Maluku saat ini kita dorong ke DPR RI. Jadi ada yang calon ke DPR. Ada juha kita dorong rebut kursi Walikota dan Bupati,”bebernya.

PDIP sendiri, saat ini masih dipercayakan masyarakat untik membawa aspirasi mereka di parlemen. Begitu juha posisi PDIP di Maluki masih dicintai oleh masyarakat. “Kita tampil di parlemen karena kita bawa aspirasi rakyat. Masyarakat pasti menilai kader PDIP mengawal aspirasi rakyat debgan baik,”ingatnya.

Bukan hanya itu, setiap pemilu suara PDIP lebih tinggi, sehingga para kader yang didorong mensosilisasikan diri dengan baik.”Jadi selain memilih partai juga pilih calon legislatif. Apalagi rakyat yang tidak mengenal calon mereka menaruh harapan di PDIP untik memperjuangkan aspirasinya,”urainya.

Selain kesiapan kader menghadapi Pileg, PDIP juga membentuk infrastruktur di selurih desa dan dusun di Maluku. “Kita sudah konsolidasi partai ditingkat bawah sudah selesai. Parpol lain mulai bergerak bentuk ranting kita sudah selesai,”sebutnya.

PDIP justeru saat ini tengah menggenjot kegiatan-kegiatan yang menyentuh langsung masyarakat. ”Jadi kita cek sound awal. Kita terus bergerak. Kemarin kita ke bergerak di Eki Besar dan daerah lain untuk mengecek kesiapan PAC dan ranting. Jadi kita terus dorong PAC-PAC PDIP agat terus buat kegiatan di tengah masyarakat,”terangnya.

Tujuanya, agat mengkonsolidasikan infrastruktur partai agar terus hidup dan bergerak ditengah masyarakat sehingga dinamis.” Jangan papan nama PAC atau ranting saja. Jadi setelah terbentuk infrastruktur diberi saran san bergerak menyusun program kerja san kita topang dan mendukung,”tegasnya.(DM-01)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *