Connect with us

Ragam

Syahbandar Serwaru dan TKBM Sepakat Setor Untuk PNBP

Published

on

DINAMIKAMALUKU.COM, AMBON-Syahbandar Serwaru, Kecamatan Letti, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Yohanis Rumadery, akhirnya sepakat dengan Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) setempat terkait ada setoran untuk Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Salah satu pengurus TKBM pelabuhan Serwaru, Lexy Yoltuwu mengatakan, pihaknya bersama Rumadery telah bertemu dengan TKBM, Sabtu (14/5/2022).”Setelah pertemuan pengurus TKBM Pelabuhan Serwaru, yang merupakan representasi dari anggota TKBM dengan Pak Syahbandar, Kepala Wilayah Kerja Pelabuhan Serwaru,”kata Yoltuwu, kepada DINAMIKAMALUKU.COM, Senin (16/5/2022).

Dia mengaku, dalam pertemuan tersebut di sampaikan Rumadery, bahwa apa yang diberikan oleh TKBM terkait uang setoran yang sudah beredar di media online, kalau Syahbandar menerima “jatah preman” tidak benar.”Dalam pertemuan itu di sampaikan bhwa itu semua tertuang dalam peraturan pemerintah Nomor 15 Tahun 2016 tentang pengawasan bongkaran di kapal atau pelabuhan yang dinamakan PNBP atau 1 persen dari pendapatan TKBM per kapal,”jelasnya.

Untuk itu, dia menegaskan, pihaknya mencurigai Syahbandar lakukan pungutan liar (pungli).”Ternyata sudah tertuang dalam aturan yang sudah berlaku. Dengan demikian, beta mau sampaikan buat bapak untuk mengklarifikasi ke media bahwa terkait dengan setoran yang diberikan oleh pihak TKBM untuk Pak Syahabndar itu merupakan 1 persen dari pendapatan per kapal,”paparnya.

Pertemuan itu juga sampaikan oleh Syahbandar adalah kewajiban TKB menyetor retribusi ke pemerintah atau yang dinamakan PNBP. “Tarif 1 persen per kapal untuk pengawasan kegiatan bongkaran seperti yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2016,”pungkasnya.(DM-02)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *