Connect with us

Ragam

Tak Ada Pelayanan Ibadah Minggu di Atas Kapal, Nakhoda KM Pangorango Dikritisi

Published

on

DINAMIKAMALUKU.COM, SAUMLAKI- Salah satu tokoh agama, Frids Kikirara mengkritisi sikap Nakhoda KM Pangorango, yang tidak menyediakan sarana ibadah selama kapal milik PT PELNI itu melayari wilayah Maluku Barat Daya, Minggu (23/5/2021)

“Kami sudah berkoordinasi dengan pihak KM Pangorango. Namun, tidak diberi kesempatan untuk ibadah minggu. Padahal ada beberapa Pendeta diatas kapal, ”kata Kikirara, kepada DINAMIKAMALUKU.COM, Senin (24/5/2021).

Alasan pihak KM Pangorango, sebut pengurus Gereja Bethel Indonesia (GBI) Wilayah Leti, Moa, Lakor, dan Luang-Sermatang, tidak ada fasilitas atau sarana penunjang ibadah.”Mestinya pihak Kapal menyediakan sarana ibadah. Selama ini khan pihak kapal Pangorango selalu menyediakan sarana ibadah Minggi,”terangnya.

Kendati begitu, Kikirara sempat mengusulkan agar ibadah Minggu, dilaksanakan di kelas ekonomi. Namun, kesal dia, pihak kapal tidak mengijinkan.”Kita bahkan sudah koordinasi dua kali. Kita minta kalau tidak bisa ibadah pukul 09.00 WIT, kita minta ibadah pukul 20.00 WIT atau pukul 21.00 WIT, namun alasanya tidak ada waktu ibadah,”tandansya.

Padahal, ingat dia, sejumlah kapal milik PT PELNI, seperti sejumlah KM Sabuk Nusantara, sering menggelar ibadah minggu selama pelayaran. Bahkan, hari-hari lain pihak kapal minta kesediaan hamba Tuhan untuk melayani atau menggelar ibadah.”Saya bahkan menumpang KM Sabuk Nusantara ke Kota Kupang, Provinsi NTT, sering pimpin ibadah diatas kapal. Sudah beberapa kali,”ingantya.

Apalagi, sebut dia, kapal-kapal milik PT PELNI, melayari Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) dan Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) mayoritas pemeluk Kristiani.”Nah, pihak kapal harus memperhatikan itu. Saya tidak tahu ini kebijakan pihak kapal meniadakan ibadah atau pihak PT PELNI,”tegasnya.

Untuk itu, dia berharap, pihak PT PELNI memperhatikan persoalan ini secara serius agar meminta pihak kapal atau Nakhoda KM Pangorango untuk menyiapkan sarana ibadah.”Kami berharap pelayaran berikutnya setiap hari minggu ada pelayanan ibadah diatas kapal,”pungkasnya.(DM-01)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *