Connect with us

Ragam

Talud Pantai Rusak Berat, Makam Warga di Desa Tomra Terancam Hanyut di Laut

Published

on

DINAMIKAMALUKU.COM, AMBON-Talud pantai di Desa Tomra, Kecamatan Letti, Kabupaten Maluku Barat Daya, dilaporkan rusak berat karena diterjang ombak, medio Desember 2020 lalu. Akibatnya, terjadi abrasi pantai, sehingga Makam warga di dekat talud itu terancam hanyut ke laut.

Balai Wilayah Sungai (BWS) Maluku diminta turhn tangan menangani talud sepanjang pantai di Desa tersebut.”Talud pantai ini sudah dikerjakan dua kali lewat APBD kabupaten MBD, tapi rusak terus. Kami berharap ditangani oleh BWS agar konstruksinya lebih bagus sehingga tahan hantaman ombak,”harap salah satu warga Tomra, Dien Keriapy, ketika menghubungi DINAMIKAMALUKU.COM, Jumat (30/7/2021).

Dia mengaku, sejak talud itu rusak parah, ketika musim ombak, terjadi abrasi di seputaran pantai Enisuni (nama pantai) tersebut, sehingga mendekati makam atau kuburan warga setempat.”Tentu warga sangat resah. Kaki kuatir jika tidak segera ditangani kuburan disekitar pantai hanyut ke laut,”kesalnya.

Dia berharap, jika talud itu dibangunnya dibuat kubus atau kotak penahan ombak. “Kalau bangun talaud saja, saya kira nanti rusak lagi. Tapi kalau ada kubus atau kotak yang di buat di depan talud agar menahan hantaman ombak yang sangat kuat. Nah, kami harap kalau dibangun kubis talud yang dibangun nantinya dapat dilindungi,”harapnya.

Untuk itu, Olivier menambahkan, pihaknya akan koordinasi dengan Kepala Desa Rumra, aga segera menyurati BWS Maluku beserta foto-foto kerusakan agat segera dikerjakan.”Kami sangat berharap perhatian dari pemerintah provinsi dan pemerintah pusat bangun talaud pantai dengan konstruksi sesuai kondisi alam didaerah kami,”harapnya.(DM-01)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *