Connect with us

Parlemen

Tarik Menarik PKB-PPP, Rapat Paripurna AKD Molor

Published

on

DINAMIKAMALUKU.COM, AMBON-Tarik menarik sesama anggota fraksi di DPRD Provinsi Maluku, terus terjadi. Kali ini, tarik menarik antara anggota Fraksi gabungan (PKB-PPP) soal siapa yang ditugaskan fraksi di komisi-komisi lembaga politik itu, hingga kini belum ada titik temu.

Akibatnya, Akibatnya, rapat pengumuman AKD yang sedianya digelar, sekira pukul 15.00 WIT, molor hingga pukul 16. 27 WIT.

Diberitakan sebelumnya, fraksi Gerindra dan Golkar “lirik” Ketua Komisi III yang membidangi infrastruktur dan keuangan. Namun, Richard Rahakbauw, (Fraksi Golkar) dipastikan tetap menjabat Ketua Komisi III.

Informasi yang diperoleh DINAMIKAMALUKU.COM, Kamis (7/7/2022) terjadi tarik menarik antara PKB dan PPP soal siapa yang tetap di Komisi III.”Memang di Komisi III itu ada anggota fraksi (PKB-PPP). Jadi memang di Komisi III itu ada Rofik Afifudin (PPP) dan Ikram Umasugy (PKB). Jadi salah satu harus pilih keluar dari Komisi III,”kata sumber DINAMIKAMALUKU.COM, Kamis (7/7/2022).

Namun, ingat dia, jika Afifudin “legowo” pindah di Komisi II, gabung dengan Asis Hentihu (PPP) yang saat ini anggota Komisi II, tidak elok dan merugikan kepentingan partai.”Memang tidak mungkin Pak Afifudin dan Pak Hentihu sama-sama di Komisi II. Tentu kepentingan partai tidak jalan dengan baik di dewan,”terangnya.

Ditakuti, dua partai yang tergabung dalam satu fraksi itu bisa bubar ditengah jalan. “Bisa saja PKB dan PPP gabung di fraksi utuh lainya. Dan dinamika itu mulai mengarah kesitu,”ingatnya.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku, Melkianus Sairdekut, yang ditugaskan memimpin rapat pengumuman AKD, meminta Ketua Fraksi untik menggelar rapat.”Ketua-ketua fraksi diminta kumpul. Kita rapat,”pinta Sairdekut.

Saat ini, rapat ketua-ketua Fraksi dengan pimpinan dewan masih berlangsung. Rapat untuk membahas komposisi AKD yang belum terbentuk.

Sekedar tahu, hasil pemilu legislatif 2019 lalu, PKB meraih 3 kursi. Mereka adalah Mumin Refra, Ruslan Hurasa. Sementara PPP adalah Asis Hentihu dan Rovik Afifudin. Dua parpol ini kemudian bergabung membentuk satu fraksi. (DM-01)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *