Connect with us

Ragam

Terpilih Pimpin DPP Hena Hetu, Jais Ely : Siap Sinergi dengan Pak Gubernur

Published

on

DINAMIKAMALUKU. COM, AMBON-DR Achmad Jais Ely,ST. M.Si akhirnya terpilih memimpin Ketua Umum DPP Hena Hetu, pada Musyawarah Besar (Mubes) di Islamic Center, Selasa (7/12/2021). Selain Ely, Ahmad Melawat terpilih menjabat Sekretaris paguyuban adat terbesar di Maluku itu.

“Pertama saya memberikan penghargaan tertinggi kepada Pemerintah Provinsi Maluku, dalam hal ini bapak Gubernur Maluku, Upu Latu Siwalima, yang memberikan apresiasi bagi Hena Hetu kedepan,”Kata Ely, kepada DINAMIKAMALUKU.COM, usai terpilih sebagai Ketua Umum DPP Hena Hetu.

DR ACHMAD JAIS ELY, ST. .M.Si

Direktur Politeknik Kelautan dan Perikanan ini mengatakan, Hena Hetu kedepan digiring bersama pemerintah menjalankan visi dan misi Gubernuer Maluku, Irjen Pol ((Purn) Drs Murad Ismail. “Dalam visi Pak Gubernur Maluku nomor 5 dan 6 adalah bagaimana menjaga stabilitas keamanan itu kita tawarkan karena stabilitas keamanan itu sangat penting. Nah kalau keamanan terganggu mempengaruhi pembangunan,”jelasnya.

Visi dan misi yang kedua adalah peningkatan sumber daya manusia. “Ini adalah isu sentral yang saya bawa di Hena Hetu. Peningkatan sumber daya manusia itu sangat penting. Begitu banyak program besar yang dicanangkan oleh bapak Gubernur Maluku. Nah, tentu kita harus siapkan sumber daya manusia. Tentu kita sinergi dengan Pak Gubernur, karena kita ikut mendukung dan menjalankan visi besar beliau,”paparnya.

Apalagi, ingat dia, paguyuban adat terbesar itu didirikan untuk membantu pemerintah.”Kebersamaan dan persatuan kita junjung tinggi. Jaga stabilitas keamanan juga kita bantu pemerintah,”terangnya.

Soal Mubes Hena Hetu yang digelar di Islamic Center adalah tandingan dari Mubes Hena Hetu sebelumnya di Desa Tulehu, Senin (6/12/2021).”Saya kira tidak ada yang sempurna kecuali keilafan kita semua. Tentu saya akan menyatukan semua. Karena semangat paguyuban ini adalah musyawarah dan mufakat. Kita akan duduk bersama dengan tujuan yang sama bawa Hena Hetu kedepan jauh lebih baik,”harapnya.

Intinya, lanjut dia, semua potensi di jazirah Leihitu dan Salahutu memiliki tujuan yang sama.”Bagaimana kita bersama musyawarah mencapai tujuan yang kita inginkan. Tinggal bagaimana kita menyatukan persepsi karena perbedaan itu anugerah, sehingga kami akan konsolidasi semua unsur yang ada di 22 desa untuk duduk bersama untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat di Leihitu dan Salahutu,”pungkasnya.

Sekedar tahu, sebelum Ely, terpilih terjadi perdebatan antara sesama Dewan Pengurus Negeri (DPN) Hena Hetu. Perdebatan terjadi karena selain Ely, Ahmad Melawat yang juga Kadis Perhubungan Maluku, ikut mencalonkan diri ingin merebut organisasi adat terbesar di Maluku itu.”Kita minta kedua putra terbaik ini duduk bersama. Jangan melalui voting atau pemilihan harus musyawarah dan mufakat,”tegas salah satu peserta Mubes usai Ely dan Melawat menyampaikan visi dan misi.

Soalnya sebagian besar DPN Hena Hetu yang mengiginlan Ely segera ditetapkan sebagai Ketua terpilih. Namun peserta lain ingin agar majelis Latupati mengambil alih agar siapa yang diputuskan.”Memang betul 18 DPN Hena Hetu dari 22 DPN menginginkan Pak Jais. Tapi kita harus bicara bail-baik,. Jadi kita serahkan ke majelis Latupati memutuskan,” usul peserta lain.

Pimpinan sidang Mubes, kemudian mempersilahkan para majelis Latupati di jazirah untuk duduk bersama Melawat atau Ely untuk menentukan siapa Ketua Umum DPP Hena Hetu.”Setelah kita bertemu diputuskan secara kekeluargaan diputuskan Pak Jais Ely ketua dan Pak Melawat Sekretaris DPP Hena Hetu,”Kata salah satu Latupati ketika diminta pimpinan sidang menyampaikan hasil pertemuan.(DM-01)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *