Connect with us

Politik

Wagub : Tidak Ada Nonjob Kasrul Sebagai Sekda Maluku

Published

on

DINAMIKAMALUKU.COM, AMBON-Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno menegaskan, Kasrul Selang, tidak dinonjobkan sebagai Sekretaris Daerah Maluku. Orang nomor dua di Maluku itu mengaku, Kasrul, sementara istirahat karena Terkonfirmasi positif Covid-19.

“Tidak benar posisi Sekda dinonjobkan. Posisi pelaksana harian Sekda hanya sementara. Kalau Pak Kasrul, masuk kerja posisi pelaksana harian Sekda berakhir,”kata Orno menjawab pertanyaan Wartawan, terkait posisi Sekda Maluku, Rabu (21/7/2021).

Untuk itu, kata mantan Bupati Maluku Barat Daya dua periode itu, untuk mengisi kekosongan posisi Sekda, Gubernur Maluku, mengeluarkan keputusan sesuai Peraturan Presiden pasal 4 huruf a, Nomor 3 Tahun 2018 tentang Penjabat Sekda, diatur Kepala daerah menunjuk pelaksana harian apabila Sekda devenitif tidak menjalankan tugas kurang dari 15 hari kerja. “Jadi penunjukan Plh Sekda Maluku, oleh Pak Gubernur Maluku, sesuai aturan main,”tandasnya.

Apalagi, ingat dia, posisi Sekda sangat strategis dalam penyelenggaraan pemerintahan. Sekda Provinsi memiliki tugas, membantu Gubernur dalam penyelenggaraan pemerintahan, administrasi, organisasi, dan tata laksana, serta memberikan pelayanan administratif kepada seluruh perangkat daerah provinsi. “Alasan Pak Gubernur Maluku, melakukan PLH Sekda, karena Sekda defenitif Pak Kasrul, dalam kondisi Terkonfirmasi Covid-19. Jadi beliau sementara istirahat,” terangnya.

Apalagi, ingat dia, Virus asal Kota Wuhan, China itu sangat berbahaya dan dapat menular dengan cepat, sehingga Kasrul, butuh waktu lama isolasi mandiri. “Masa penyembuhan itu bisa butuh waktu lebih dari satu bulan. Untuk itu, tidak terjadi kekosongan dalam kinerja Sekda dan fungsi pemerintahan tetap berjalan, Pak Gubernur berhak mengangkat Plh Sekda untuk menjalankan tugas-tugas Sekda,”paparnya.

Soal ada roling jabatan, lanjut dia, kebijakan perputaran atau rolling untuk penyegaran dalam satu organisasi.” Tujuannya menigkatkan kapasitas sumber daya mamusia aparatur pejabat di lingkup pemda provinsi,”jelasnya.(DM-01)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *