Connect with us

Politik

Warga Latta Antusias Coblos Dua Calkades, Panitia Pilkades Pastikan Independen

Published

on

DINAMIKAMALUKU.COM, AMBON-Warga Desa Latta, Kecamatan Baguala, Kota Ambon, antusias menggunakan hak pilih pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) setempat di tiga Tempat Pemungutan Suara (TPS) di SD Inpres Latta, Kamis (7/4/2022).

Dua calon kepala desa (Calkades) Latta, yakni  Hansje Max Janes Totomutu dengan nomor urut 1dengan lambang buah Pala. Calon kades Latta dengan nomor urut 2 dengan lambang lampu adalah, Hendrik Latumanuwey.

Ketua Panitia Pilkades Latta Gustaf Haulussy mengatakan, sebanyak 1. 400 pemilig yang tertera di daftar pemilih dapat menggunakan hak pilihnya. “Kalau warga yang tidak mendapat undangan bisa pakai Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang beralamat di Desa Latta untuk coblos,”kata Haulussy, didampingi anggota Panitia Pilkades Latta, Robby Saimima, dan Ketua BPD Latta, Anes Riruma, kepada DINAMIKAMALUKU.COM, Kamis (7/4/2022).

Soal, waktu penutupan pencoblosan, Haulussy menegaskan, sesuai tahapan penutupan pencoblosan dilakukan sekira pukul 13.00 WIT.”Tapi tidak tertutup kemungkinan panitia Pilkades berikan kelonggaran sekitar 10 menit sampai 15 menit sebelum TPS ditutup. Itu juga atas persetujuan saksi. Kalau saksi setuju kami berikan kelonggaran. Tapi kalau tidak setuju kami tetap patuh,”tandansya.

Kendati Begitu, dia pastikan, partisipasi masyarakat untuk mencoblos sekitar 80 sampai 90 persen. “Jadi sekitar pukul 10. 20 WIT saja sekitar 40 sampai 50 persen warga sudah mencoblos. Jadi memang warga sangat antusias,”terangnya.

Untuk itu, dia memastikan, pihaknya tetap netral atau independen dalam melakukan tahapan sesuai aturan main. ” Kita pastikan netral. Siapa yang terpilih adalah pilihan masyarakat demi desa ini kedepan,”tandasnya.

Sebagaimana diberitakan DINAMIKAMALUKU. COM, sebelumnya, Pemilihan Kepala Deaa (Pilkades) Latta, Kecamatan Baguala, Kota Ambon, digelar Kamis (7/4/2022). Mendahuluinya dilakukan kampanye penyampaian visi dan misi dua calon kepala desa di samping Gereja Elohim GPM Latta, Minggu (3/4/2022).

Dua calon kepala desa Latta, adalah Hansje Max Janes Totomutu dengan nomor urut 1dengan lambang buah Pala. Calon kades Latta dengan nomor urut 2 dengan lambang lampu adalah, Hendrik Latumanuwey.

Visi Totomutu, yakni gotong royong membangun Desa Latta, yang mandiri, jujur, adil, sejahtera, berbudaya dan berakhlak mulia. ” Sementara  misi saya adalah, mewujudkan pemerintahan desa yang jujur, yang berwibawa dengan pengambilan keputusan yang cepat dab tepat,”kata Totomutu.

Misi Totomutu yang berikut adalah, mengedepankan kejujuran dan musyawarah mufakaf dalam kehidupan sehari-hari baik dengan pemerintahan maupun dengan masyarakat desa. ” Meningkatkan profesionalitas dan mengaktifkan seluruh perangkat desa. Mewujudkan sarana dan prasarana desa yang memadai. Mewujudkan perekonomian dan kesejahteraan warga desa.  Meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat desa yang maksimal. Meningkatkan kehidupan desa secara dinamis dalam segi keagamaan dan kebudayaan,”papar Totomutu.

Sementara itu, Latumanuwey dalam penyampaian visi, yakni mewujudkan kehidupan masyarakat desa Latta, yang religius, cerdas, maju, sehat, adil, dan sejahtera melalui tata kelola pemerintahan yang profesional dan bertangungjawab dengan meningkatkan pelayanan umum dan pembangunan yang Berkesinambungan dan berkelanjutan.

Sementara misi Latumanuwey adalah, membangun SDM berkualitas, berbudaya, beriman, bertaqwa kepada Tuhan yang maha esa. “Meningkatkan pelayanan kesehatan, dengan menanamkan pola hidup sehat di lingkungan masyarakat. Meningkatkan pelayanan umum terhadap masyarakat dengan membangun sistim pelayanan kepada masyarakat dengan  cepat dan tepat,”jelas Latumanuwey

Misi Latumanuwey yang berikut adalah, peningkatan masyarakat dalam menumbuhkan kembangkan  kesadaran dan kemandirian dalam pembangunan desa yang berkelanjutan dengan mengoptimalkan potensi yang ada. “Mewujudkan penguatan  perekonomian masyarakat  melalui pemberdayaan dan pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). Transparansi anggaran dengan membangun sisitim pemerintahan yang akuntabel,”terangnya.

Latumanuwey juga memberi ruang dan meningkatkan peran pemuda dalam membangun Desa untuk gagasan dan ide sesuai perkembangan terkini yang dapat diadaptasi sesuai dengan kebutuhan masyarakat desa. “Menciptakan   suasana aman dan tertib dalam kehidupan bermasyarakat dengan meningkatkan sistim keamanan yang didukung oleh seluruh instansi terkait,”sebutnya.

Menciptakan aparatur  pemerintahan yang bersih dan terbuka untuk menerima masukan dari seluruh stakholder dalam misi Latumanuwey. Latumanuwey juga menekankan pada peningkatan koordinasi dan kerjasama dengan instansi atau pemerintah daerah dalam pembangunan dan pengelolaan desa.
“Mewujudkan penyediaan sarana dan prasarana desa untuk mendukung pembangunan desa yang berkelanjutan. Melakukan pengembangan infrastruktur untuk pengembangan desa baik untik dalan dan penerangan dan kebutuhan lainya,”tandas Latumanuwey.

Peningkatalan pengelolaan administrasi kependudukan,  pencatatan sipil, dan Statistik agar diolah menjadi informasi yang berguna bagi desa.”Mewujudkan pengelolaan sampah dengan baik, dan juga mengembangkan kewirausahaan  bagi masyarakat desa,”paparnya.

Kepala BPD Latta, Anes Riruma mengatakan, proses Pilkades Latta cukup panjang. Untuk itu, hari ini dilakukan penyampaian visi dan misi oleh dua calon Kepala Desa Latta. “Sementara proses Pilkades dilakukan Kamis 7 April 2022. Dua calon Kepala Desa orang basudara. Kita semua sudah dengar visi dan misi. Kita pulang lalu berdoa meminta petunjuk Tuhan,  siapa calon Kades yang kita pilih. Jadi siapa yang terpilih itu cara Tuhan, “harapnya.

Dia juga mengigatkan, dari dua calon kepala desa siapa yang terpilih menggandeng yang tidak terpilih untuk bersama-sama memajukan Desa Latta, lebih baik kedepan. (DM-02)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *