Connect with us

Parlemen

Warga Trauma Gempa Bumi, Sairdekut: Negara harus Hadir di Damer

Published

on

DINAMIKAMALUKU.COM, AMBON-Warga di Pulau Damer, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) selalu dihantui ketakutan, pascah Gempa Bumi 5,6 Skala Richter disertai puluhan gempa susulan. Untuk itu, pemerintah diminta terus melakukan tanggap darurat dan mitigasi bencana didaerah itu.

Karenanya, Pemerintah Provinsi Maluku dan Pemerintah Kabupaten MBD, diminta serius melakukan langkah-langkah antisipasi membantu warga pulau Damer, Kabupaten MBD, yang terdampak gempa bumi.

Pasalnya, usai gempa bumi 5,6 Skala Richter, Minggu 12/12/2021) hingga beberapa hari lalu terjadi gempa susulan hingga saat ini, warga setempat masih tidur di luar rumah dan butuh penanganan serius dari pemerintah.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku, Melkianus Sairdekut berharap, Pemerintah Provinsi dan Pemkab MBD, melakukan antisipasi dan mitigasi terhadap warga di Pulau Damer, yang terkena dampak gempa bumi. ” Ini penting sekali karena gempa bumi ini datang di luar perkiraan kita. Kita berharap negara dan dalam hal ini pemerintah Provinsi dan Kabupaten MBD harus mengantisipasi gempa bumi susulan yang sering terjadi hingga hari ini. Apalagi ini menjelang Natal,”harap Sairdekut, kepada awak media, Senin (20/12/2021).

Antisipasinya, harap dia, adalah menyiapkan seluruh sumber daya untuk melakukan aktivitas tanggap darurat. “Yang penting ada proses penanganan terhadap bencana ini, sehingga tidak terjadi korban jiwa. Nah, ini yang mesti diantisipasi dengan baik terutama didaerah pemukiman,”ingatnya.

Dia berharap, warga Damer, yang terkena dampak gempa bumi merayakan Natal dengan penuh suka cita.”Memang sebagai pimpinan dewan kami tetap mendorong pemerintah daerah provinsi dan kabupaten lakukan proses antisipasi mitigasi dan tanggap darurat,”imbuh Politisi Partai Gerindra dari dapil MBD-KKT itu.

Tak hanya disitu, lanjut Sairdekut yang juga Kepala Penanggulangan Bencana Sinode GPM ini, pihaknya mengumpulkan sumber daya dari seluruh daerah dan seluruh klasis untuk melakukan tindakan tanggap darurat. “Nilainya tidak seberapa, tapi itu bentuk kepedulian kami dalam bentuk dukungan terhadap saudara-saudara kami di Pulau Damer,”pungkasnya.(DM-01)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *